4 Aplikasi Android yang Banyak Memakan Kuota - Boros Kuota Data Internet

Share:

FB Google+ Twitter

Aplikasi Android apa yang banyak memakan kuota internet, dalam artian boros atau banyak menyedot kuota data internet? Itulah yang akan kita bahas kali ini.

Minggu lalu saya membeli kuota data internet Axis 2GB dengan harga Rp 30.000,-. Seperti biasa, saya melakukan browsing, chatting, menggunakan aplikasi sosial media sewajarnya dan berbagai aktivitas dunia maya lainnya.

4 Aplikasi Android yang Banyak Memakan Kuota - Boros Kuota Data Internet

Ketika mengecek di aplikasi AxisNET, kuota tiba-tiba berkurang banyak tanpa saya sadari. Disinyalir, mungkin disebabkan aplikasi Instagram di Android yang menyebabkan kuota menjadi boros, berhubung saya juga aktif bermain IG.

Iseng-iseng saya mengecek catatan "Penggunaan data" di Android, ternyata Google Keyboard berada di urutan pertama sebagai aplikasi yang menyedot banyak kuota di Android!

Setelah saya telusuri lebih lanjut, memilah-milah dan menggali informasi lebih dalam yang ada di HP saya, berikut ini adalah 4 aplikasi Android yang banyak memakan kuota - boros kuota data internet.

4 Aplikasi Android yang Banyak Memakan Kuota - Boros Kuota Data Internet


#1. Google Keyboard

Kita awali terlebih dahulu dengan Google Keyboard, sebuah program aplikasi default (pabrikan) yang terpasang di OS Android kita. Kenapa Google Keyboard berada di urutan pertama?

Aplikasi ini pada dasarnya bekerja dengan cara mencatat berbagai aktivitas kita ketika kita menggunakannya, seperti mengetik. Tiap-tiap huruf yang kita ketik, yang nantinya akan menjadi sebuah kata, akan terekam secara online oleh aplikasi ini.

Lebih dari itu, aplikasi ini pun juga berfungsi mengoreksi kesalahan dalam mengetik, menambahkan spasi secara otomatis setelah mengetik "titik", dan masih banyak lagi.

Tidak main-main, kuota data internet yang habis sangat banyak! Jadi, perekaman kata-kata tersebut terjadi secara otomatis, perekaman tersebut pun mengandalkan yang namanya koneksi internet. Jika tidak ada koneksi internet, perekaman, pengkoreksian, dan berbagai fitur di Google Keyboard pun tidak akan tercatat meski pun berjalan seperti biasa.

Aplikasi Google Keyboard sebenarnya tidak bisa dihapus karena memang sudah bawaan pabrik OS Android. Jadi, untuk mengatasi aplikasi ini yang banyak menyedot kuota di Android, sebaiknya di Uninstall saja, dengan kata lain kita mengembalikannya ke versi awal dan jangan pernah di update sesekali pun, biarkan begitu saja.

2. Instagram

Kalau kejadian diatas terjadi tanpa kita sadari, berbeda dengan Instagram. Yap, kini Instagram sudah booming banget di kalangan anak muda. Semuanya ada, berita dan informasi terbaru, unik, aneh, kejadian alam, video dan sebagainya.

Ini tentang bagaimana cara kita memainkan Instagram. Apabila terlalu aktif dan sering bermain Instagram, tentu menyebabkan kuota internet cepat habis. Apalagi banyak menonton video dalam satu waktu, ludes kuota lu!

3. Google Chrome

Lagi-lagi aplikasi bawaan Google. Disini saya tidak menyalahkan secara penuh Google Chrome itu bersalah, tidak sama sekali. Perhatikan pada pengaturannya, pasti ada salah satu fitur penghemat kuota.

Masalahnya, banyak user Android yang tidak tahu dan malah menyalahkan chrome secara sepihak tanpa tahu akar permasalahannya. Padahal salah sendiri, tapi kok menyalahkan pihak Google?

Pastikan, kalau apk ini memang menjadi andalan browsing Anda, silahkan atur setelan menjadi hemat, dan tada! Salah satu solusi cara mengatasi kuota internet yang cepat habis pun teratasi dengan mudah.

Permasalahan ini juga sama halnya dengan aplikasi serupa, Opera Mini.

4. GAME

Saya tidak bisa memastikan game-game mana saja yang banyak menguras kuota internet. Namun, kebanyakan game yang dimaksudkan pada artikel kali ini adalah game-game berat berkualitas high quality, salah satu contohnya adalah game bertemakan perang dan strategi.

Game perang termasuk salah satu aplikasi yang banyak menyedot kuota internet di Android. Pasalnya, apabila saat dimainkan dan kita memilih-milih salah satu senjata, pasti loading, kan? Nah, loading itu sangat berat, bisa-bisa memakan kuota sebesar 5MB per tampilan senjata yang kita lihat-lihat tadi. Ini salah satu contoh kasus yang saya alami secara pribadi, berdasarkan pengalaman pribadi.

Apakah game Asphalt 8 juga termasuk? Yap, saya setuju dengan ini, namun tidak terlalu banyak, alias sedang. Sama seperti game Clash of Clans (COC), tidak terlalu banyak. Tergantung pada pemakaiannya.

TAMBAHAN

Selain dari pada ke 4 aplikasi diatas, ada beberapa aplikasi lainnya yang memang banyak menguras kuota internet, namun itu semua tergantung pemakaian kita sehari-hari, seperti misalnya:

  • Youtube
  • Facebook
  • LINE; dan
  • Mau menambahkannya?

Well... Itulah pembahasan kita terkait aplikasi Android apa-apa saja yang banyak memakan kuota internet, dalam artian boros atau banyak menyedot kuota data internet. Semoga berguna, wassalam.*

Blogger pemula (/Newbie-Class) - Menulis semaunya & semampunya karena ingin berarti bagi banyak orang. Gaspol!

Labels: Android

Thanks for reading 4 Aplikasi Android yang Banyak Memakan Kuota - Boros Kuota Data Internet. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

0 Response to "4 Aplikasi Android yang Banyak Memakan Kuota - Boros Kuota Data Internet"

Post a Comment

If you find any errors in this article, please comment.