2 Cara Membuat Catatan Kaki (Footnote) di Microsoft Word 2007

Pernah mendengar atau membaca istilah atau sebutan catatan kaki, guys? Atau barangkali Footnote? Yap, kedua istilah tersebut memiliki arti dan makna yang sama, hanya bahasanya saja yang berbeda.

Menurut Wikipedia,

Pengertian Footnote atau catatan kaki adalah daftar keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah setiap lembaran atau akhir bab karangan ilmiah. Catatan kaki biasa digunakan untuk memberikan keterangan dan komentar, menjelaskan sumber kutipan atau sebagai pedoman penyusunan daftar bacaan/bibliografi.

Sederhananya, apabila kita membuat sebuah makalah atau karangan ilmiah, tentu adakalanya kita menambahkan kata-kata tertentu yang sulit dipahami oleh orang awam, jarang di dengar, atau kata yang memang belum pernah dipelajari oleh banyak orang.

2 Cara Membuat Catatan Kaki (Footnote) di Microsoft Word 2007

Nah, dengan adanya catatan kaki, baik catatan yang dibuat dan diletakkan dibagian bawah per halamannya atau di halaman terakhir kalangan ilmiah, kita akan menjelaskan kata-kata tersebut. Tiap kata istilah atau sebutan tersebut, akan diberikan sebuah nomor urutan tiap-tiap catatan kaki.

Untuk keterangan catatan kaki, ya seperti yang saya jelaskan tadi, kita bisa membaca keterangan kata tersebut baik di halaman bawah per halamannya atau dibagian paling belakangan karangan ilmiah tersebut.

Nah, pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat catatan kaki di microsoft word 2007? Berikut cara membuat Footnote di microsoft word 2007 beserta penjelasannya seperti karangan ilmiah atau makalah.

2 Cara Membuat Catatan Kaki (Footnote) di Microsoft Word 2007


#1. Membuat Footnote dengan Mudah

Sangat sederhana untuk tutorial membuat catatan kaki atau Footnote pertama ini. Disini saya mencoba mengutip sebuah kalimat "lorem ipsum" yang hanya dimengerti oleh sistem dan para ahli & pakarnya.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation(1) ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Perhatikan, pada kata "exercitation" saya menambahkan angka 1 dalam kurung. Selanjutnya, blok angka dan dalam kurung tersebut, dan ubah ukuran font atau hurufnya menjadi kecil.

Untuk mengatur ukuran font yang umum menjadi kecil sehingga tampak berbeda dengan huruf-huruf lainnya, coba lihat pada pilihan menu navigasi Word 2007. Pasti ada, kok :)

Nah, pada lembaran terakhir di Word 2007 nantinya, silahkan tambahkan keterangan (catatan kaki atau Footnote) tersebut.

#2. Insert Footnote di Word 2007

Tutorial kedua ini agak rumit, lebih-lebih saya tidak menggunakan gambar tutorialnya. Hal ini karena saya tidak meng-install Word di laptop saya karena saya memang tidak menggunakannya. Well, bukan berarti saya lupa, tutorial kedua ini akan saya buat se-detail mungkin tanpa gambar.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation(letak cursor) ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

  1. Pindahkan cursor mouse ke belakang kata yang dituju, misalnya: exercitation(cursor arahkan disini)
  2. Klik tombol References dibagian menu Word 2007
  3. Pilih Insert Footnote
  4. Terlihat sebuah angka 1 (satu)

Pada saat ini, kita akan melihat sebuah page atau kotak yang berfungsi untuk memberi keterangan, catatan kaki atau Footnote yang akan dibuat. Silahkan di isi saat ini juga, maka perubahan pun akan tersimpan secara otomatis. SELESAI.

Untuk menguji apakah cara ini berhasil atau tidak, gerakkan saja cursor mouse tadi mengarah ke kata "exercitation". Biasanya, akan muncul kotak kecil yang memberi penjelasan dalam bentuk pop-up.

PERHATIKAN

Pada tutorial kedua tersebut, angka-angka tersebut akan terus berubah mengikuti urutannya - mengikuti seberapa banyak Footnote yang kita berikan selanjutnya.

Itulah cara membuat Footnote di microsoft word 2007 beserta penjelasannya seperti karangan ilmiah atau makalah. Semoga berguna, good luck.*

Ditulis oleh:

Blogger pemula (/Newbie-Class) - senang menulis apa pun yang saya anggap menarik. Just another your blogging inspirations :)

Labels: Microsoft Office, Program Aplikasi

Thanks for reading 2 Cara Membuat Catatan Kaki (Footnote) di Microsoft Word 2007. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

0 Comment for "2 Cara Membuat Catatan Kaki (Footnote) di Microsoft Word 2007"

Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.

Back To Top