Cara Mendapatkan Cuplikan Unggulan (Featured Snippets) di Google

Cuplikan Unggulan atau Featured Snippets adalah sebuah kutipan, ringkasan jawaban, deskripsi singkat dari suatu pertanyaan, pengertian, cara untuk (how to), penjelasan suatu arti dan makna dan berbagai kata kunci lainnya yang kita ketik di search engine google

Cara Mendapatkan Cuplikan Unggulan (Featured Snippets) di Google

Permasalahannya adalah kita ingin mendapatkan fitur dan layanan "khusus" yang diberikan oleh Google tersebut. Bagaimana cara membuat dan mendapatkan cuplikan unggulan (featured snippets) di Google?

Cara Mendapatkan Cuplikan Unggulan (Featured Snippets) di Google


Pada laman Cuplikan Unggulan di Penelusuran, dijelaskan bahwa kita TIDAK BISA membuat, mendapatkan dan menciptakan kotak kutipan, deskripsi singkat dan ringkasan jawaban di tampilan Google.

Google menjelaskan,

Anda tidak dapat melakukannya. Secara terprogram, Google akan menentukan apakah suatu laman berisi jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan pengguna, dan menampilkan hasilnya sebagai cuplikan unggulan.

Baca Juga:


Jadi, sangat jelas bahwa cuplikan unggulan yang tampil tersebut bekerja secara terprogram. Yang pasti, featured snippets tersebut menampilkan jawaban yang paling baik, benar dan tepat untuk pertanyaan user yang googling.

Solusi Cara Mendapatkan Cuplikan Unggulan


Banyak jalan menuju roma, kan? Dulu artikel saya pernah mendapatkan cuplikan unggulan pada artikel arti dan makna kata seo friendly blog. Sekarang, sudah tidak ada lagi. Aneh, ya.

Tapi, dari kejadian tersebut, saya menyimpulkan ada beberapa kriteria sebuah artikel bisa dijadikan cuplikan unggulan yang terprogram. Beberapa kriteria artikel yang layak untuk mengisi featured snippets adalah:

  • Artikel yang berkualitas - Fresh content, artikel terbaru yang tidak pernah dibahas di blog lain
  • Artikel yang sudah berumur panjang
  • Jika memungkinkan, artikel yang berisi jawaban, pada poin jawabannya diberikan jawaban satu per satu dengan memanfaatkan Bullet List atau Numbered List agar lebih mudah ditandai oleh bot google
  • Pada gambar, masukkan ALT dan Title nya dengan judul konten blog
  • Harus cerdas mengatur tata kata dan kalimat dimana sebuah pertanyaan akan terjawab langsung di dalam sebuah paragraf; dan
  • Masih banyak lagi faktor-faktor penentu "cuplikan unggulan" ini.

Mungkin itu saja pembahasan kali ini tentang cara membuat dan mendapatkan cuplikan unggulan (featured snippets) di Google. Semoga berguna, wassalam.*

» Terima kasih sudah mau membaca konten Cara Mendapatkan Cuplikan Unggulan (Featured Snippets) di Google. Jika dirasa sangat berguna, mungkin bisa di share oleh para pembaca :)

0 Response to "Cara Mendapatkan Cuplikan Unggulan (Featured Snippets) di Google"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sesuai dengan topik artikel.
Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.