Cara Membuat URL Channel Youtube dengan Nama Sendiri

Share:

FB Google+ Twitter

Bagaimana cara mengganti URL Youtube menjadi nama sendiri, sesuai dengan nama saluran akun Youtube? Adakah solusi dan cara mendapatkan URL khusus pada Youtube? Itulah yang akan kita bahas kali ini.

Bagi sebagian orang, Youtube kini menjadi penghasilan utama bagi mereka. Bahkan, tidak tanggung-tanggung, seseorang rela meninggalkan pekerjaannya di dunia nyata hanya ingin menjadi full time dari Youtubers, dengan kata lain mencari dan mendapatkan penghasilan dari internet, secara online.

Cara Membuat URL Channel Youtube dengan Nama Sendiri

Masih berhubungan dengan Youtube, ada salah satu hal yang paling unik dari Youtube ini, yakni adanya sebuah fitur yang disediakan oleh pihak Google secara khusus bagi saluran atau channel Youtube tertentu yang dianggap layak untuk mendapatkannya.

Biasanya disebut dengan URL khusus, istilah lainnya adalah Custom URL Youtube channel. Contohnya adalah youtube.com/namakhususAnda atau youtube.com/c/namakhususAnda.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengubah URL channel Youtube default dengan nama sendiri? Adakah cara mengganti alamat link URL channel Youtube dengan link yang sesuai dengan keinginan kita?

Cara Membuat URL Channel Youtube dengan Nama Sendiri


Jawabannya adalah tidak bisa! Menurut sumbernya - disini, Mendapatkan URL khusus untuk saluran Youtube, dijelaskan ada beberapa persyaratan kelayakan agar kita bisa mengklaim URL Youtube itu sendiri, yakni:

1. Memiliki 100 pelanggan atau lebih
2. Saluran Youtube seharusnya berumur 30 hari
3. Sudah mengupload foto untuk ikon saluran nantinya; dan
4. Telah mengupload sampul saluran

Jadi, untuk membuat link URL channel Youtube dengan nama sendiri, tidak bisa dilakukan sembarangan. Yang pasti sudah harus memenuhi kriteria dan kelayakan diatas tadi untuk bisa mendapatkannya.

Cara Membuat URL Khusus untuk Saluran Youtube Anda


Nah, kalau kesemua hal diatas sudah terpenuhi, nantinya kita akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan bahwa kita sudah bisa mengubah URL default menjadi URL khusus.

Pemberitahuannya pun sangat beragam, bisa di notifikasi pada email, di dashboard Creator Studio Youtube, atau bisa langsung masuk kemari, setelan akun lanjutan.

  1. Masuk ke akun Youtube > Setelan Youtube
  2. Pada sub-menu Ikhtisar, lihat pada Setelan Saluran
  3. Jika persyaratan sudah terpenuhi, klik pada Anda memenuhi syarat URL khusus

Pada kotak "Dapatkan URL khusus", kita akan melihat URL khusus yang telah ditentukan dan disetujui. Disini kita tidak akan pernah bisa mengubah pada bagian kotak yang berwarna abu-abu tersebut, melainkan kita bisa menambahkan beberapa huruf atau angka agar URL tersebut tampak unik.

  1. Centang OK pada "Saya menyutujui Persyaratan Layanan > klik Ubah URL
  2. Pilih Konfirmasikan pilihan agar proses perubahan alamat link URL Youtube segera dijalankan, sudah selesai.

Perlu catatan disini bahwa berhati-hatilah dalam membuat dan memasangkan nama baru pada URL Youtube tersebut, soalnya kita tidak akan bisa mengubahnya lagi karena URL khusus ini bersifat permanen. Semoga berguna, wassalam.*

Blogger pemula (/Newbie-Class) - Menulis semaunya & semampunya karena ingin berarti bagi banyak orang. Gaspol!

Labels: Youtube

Thanks for reading Cara Membuat URL Channel Youtube dengan Nama Sendiri. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

0 Response to "Cara Membuat URL Channel Youtube dengan Nama Sendiri"

Post a Comment

If you find any errors in this article, please comment.