Cara Membuka File di Dalam Winrar dengan Mudah

Bagaimana cara membuka, mengeluarkan dan meng-ekstrak file yang ada di dalam Winrar seperti file kompresi RAR, ZIP, 7z, TAR, ISO dan sejenisnya?

WinRAR adalah sebuah software atau program aplikasi yang memungkinkan kita sebagai pengguna untuk menghemat ruang kapasitas hardisk yang ada di dalam komputer maupun laptop.

Cara Membuka File di Dalam Winrar dengan Mudah

Pada dasarnya, penggunaan WinRAR bertujuan atau berfungsi menyatukan beragam file-file seperti foto, video, gambar, dokumen penting dan lainnya dalam satu tempat. Selain itu, beragam file yang sudah disatukan, selanjutnya tiap-tiap file akan mengalami kompres, maksudnya memperkecil suatu ukuran file (compress) secara satu per satu.

Nah, apabila file dan data yang ada di dalam WinRAR dikeluarkan kembali atau di ekstrak (extract), maka ukuran file dan data tersebut kembali ke semula seperti sediakala. Sedikit catatan, proses compress ini tidak mempengaruhi kualitas file dan data yang ada di dalam WinRAR tadi, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

Nah, inilah cara membuka, mengeluarkan dan meng-ekstrak file yang ada di dalam Winrar seperti file kompresi RAR, ZIP, 7z, TAR, ISO dan sejenisnya.

Cara Membuka File di Dalam Winrar dengan Mudah


Katakanlah dalam sebuah situasi, kita diberikan file WinRAR oleh teman kita yang ada di dalam flashdisk. Di dalam file WinRAR tersebut ada 5 file, sedangkan kita membutuhkannya hanya satu file yang kita inginkan.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi WinRAR di google
  2. Install WinRAR dan jalankan sekali, lalu tekan tombol close (tujuannya agar aplikasi aktif)
  3. Pilih dan tentukan salah satu file WinRAR
  4. Pada file tersebut, klik kanan dan pilih menu "Extract Here"
  5. Tunggu beberapa saat, maka file WinRAR pun terbuka dalam bentuk sebuah folder yang berisi banyak file dan data.

Pada saat proses "extract here", cepat atau lamanya proses "extract here" tergantung seberapa besar file dan data yang ada di dalam file WinRAR tadi.

KESIMPULAN

Untuk menikmati beragam layanan yang ada di WinRAR, sebenarnya kita harus memberi lisensi melalui situs resminya.

Nah, bagi yang tidak ingin menggunakannya, setidaknya ada 5 program aplikasi serupa atau mirip dengan WinRAR seperti Bandizip, 7zip, PeaZip, HaoZip dan iZarc.

Yah, menurut saya secara pribadi, tidak penting juga. Lagi pula, apabila masa trial WinRAR sudah habis, kita juga masih bisa dan tetap menggunakannya. Hanya saja peringatan pembelian lisensi yang terus muncul. Good luck.*

0 Response to "Cara Membuka File di Dalam Winrar dengan Mudah"

Post a Comment

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.