4 Cara Mengaktifkan kembali Task Manager yang Hilang

Apa penyebab task manager hilang? Bagaimana cara mengaktifkan task manager yang tidak aktif? Baik, dibawah ini akan diberikan penjelasannya secara detail dengan 4 tutorial yang berbeda.

Task Manager adalah sebuah tool bawaan OS Windows yang berfungsi memperlihatkan berbagai kinerja komputer atau pun laptop yang sedang berjalan.

4 Cara Mengaktifkan kembali Task Manager yang Hilang

Melalui task manager pula, kita bisa mengecek aplikasi yang sedang berjalan dan tiap-tiap aplikasi memakan berapa RAM, informasi memory, kinerja proses dari CPU dan berguna untuk mematikan paksa (force close) sebuah aplikasi yang sedang berjalan yang sedang macet. Selain itu, bisa melakukan shut-down, restart, log off dan hibernate.

Jadi, pertanyaannya adalah bagaimana cara menampilkan task manager yang hilang? Apa penyebab task manager bisa disable dan bukannya enable?

Penyebab Task Manager Hilang (Non-Aktif)

Jika ditanyakan apa penyebabnya, jawabannya sangat luas. Kalau bukan virus yang menginfeksi PC kita - yang bekerja mengubah konfigurasi setelan task manager baik itu di regedit maupun di gpedit.msc, bisa juga disebabkan oleh teman kita yang jahil.

4 Cara Mengaktifkan kembali Task Manager yang Hilang


#1. Group Policy Editor (gpedit.msc)

  1. Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan
  2. Masukkan kata kunci: gpedit.msc > enter
  3. User configuration > Administrative Template > System > Control+Alt+Del

Pada bilah sebelah kanan, perhatikan tulisan "remove task manager". Silahkan klik 2 kali, ubah setting "not configure menjadi "disable". Sampai disini sudah selesai.

#2. Registry Editor (regedit)

  1. Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan
  2. Masukkan kata kunci: regedit > enter
  3. HKEY_CURRENT_USER > Software > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Policies > System

Jika sudah masuk ke folder "system", perhatikan sisi sebelah kanan. Apabila ada tulisan "disabletaskmgr", kita bisa menghapusnya atau mengeditnya.

Untuk menghapusnya, seperti biasa, klik kanan dan pilih "delete". Kalau ingin mengubahnya, silahkan klik 2 kali pada "disabletaskmgr" tersebut, ubah nilai (value) yang awalnya 1 (dibaca: satu) menjadi 0 (dibaca: nol).

Sebagai tambahan informasi, tidak semua OS Windows menampilkan file "disabletaskmgr". Ada yang ada, namun ada juga yang tidak ada sama sekali. Saya tidak tahu, mungkin perbedaan service pack pada OS Windows?

#3. Software Task Manager Fix

Kalau kedua cara diatas adalah cara menampilkan task manager yang hilang tanpa software, pada tutorial ketiga ini wajib kita wajib menggunakan bantuan program aplikasi. Namanya, Task Manager Fix.

Demi keamanan dan kenyamanan blog ini, dengan berat hati saya tidak menyertakan link downloadnya. Bagi yang membutuhkannya, silahkan cari di google sendiri.

#4. Deep Freeze

Pernah memasang aplikasi Deep Freeze? Aplikasi ini sejatinya berfungsi mengembalikan pengaturan kembali ke awal setelah komputer atau pun laptop di restart. Intinya, setelah apk DF ini diaktifkan, maka pengaturan pada saat itu juga yang akan tersimpan.

Apabila telah melakukan ketiga tutorial diatas namun setelah PC di restart masih menimbulkan masalah task manager yang hilang, kemungkinan terbesar aplikasi DF ini masih aktif dan terpasang.

Hapus terlebih dahulu, silahkan lakukan tutorial nomor 1, 2 dan 3 diatas. Jika sudah, silahkan pasang kembali aplikasi deep freeze seperti biasa.

Itulah penyebab dan cara mengaktifkan task manager yang tidak aktif atau hilang. Semoga berguna, good luck.*

0 Response to "4 Cara Mengaktifkan kembali Task Manager yang Hilang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.