3 Fungsi Tonjolan Karet di Bawah Laptop

Pernahkah Anda berpikir apa fungsi tonjolan karet yang ada di bawah laptop, netbook, notebook atau apa pun sebutannya? Apa tujuan diciptakannya atau dibuatnya karet di bawah laptop?

Mungkin guru di sekolah atau dosen bertanya demikian kepada kita sedangkan kita tidak tahu apa jawabannya, barangkali dari ketiga jawaban yang akan dibahas hanya satu jawaban yang bisa kita jawab.

3 Fungsi Tonjolan Karet di Bawah Laptop

Berbekal ilmu pengetahuan teknologi semasa SMK dulu, dan sebagai tambahan untuk mendokumentasikan pengetahuan saya bagi siapa saja yang berguna, berikut ini adalah fungsi tonjolan karet yang ada di bawah laptop, serta apa tujuan diciptakan atau dibuatnya karet dibawah laptop.

3 Fungsi Tonjolan Karet di Bawah Laptop


1. Ventilasi Udara dan Suara

Coba perhatikan di bawah laptop terdapat beberapa ventilasi atau sirkulasi udara yang sangat penting. Ventilasi itu berfungsi membuang udara panas yang dihasilkan dari berbagai perangkat, seperti prosessor, battery, suara dari sound system, dan lainnya.

Jika tidak ada penopang seperti tonjolan karet, tentu udara yang panas akan pengap dan "terdiam" di dalam laptop. Alhasil, bisa menyebabkan kepanasan dan kerusakan pada komponen-komponen penting yang ada di dalam laptop.

Jika Anda pendengar sejati musik, suara yang dihasilkan akan terdengar buram atau kurang jelas. Apalagi sampai ditempatkan diatas kasur, wah bisa bahaya banget. Jangan di coba sekali pun :)

2. Menghindari Laptop Lecet

Yap, tonjolan karet itu juga berfungsi sebagai jalan untuk menghindari body bagian bawah laptop yang macet. Poin ketiga ini tidak jauh berbeda dengan poin pertama.

Jika tidak ada penopang ini maka body bagian bawah laptop akan tergores dan lecet secara cepat. Mau di jual secara bekas pun, tentu harganya juga turun secara drastis karena sudah tidak mulus lagi.

3. Agar Tidak Licin

Laptop pada umumnya dibuat melalui bahan plastik yang agak kuat. Apabila plastik berbentuk keras bertemu dengan air, biasanya pergesekan akan mdah terjadi.

Jika sudah licin, apabila tergeser sedikit saja, baik itu karena di senggol, di tolak atau gaya miring meja yang menukik tajam, bisa-bisa laptop akan jatuh ke lantai.

Itulah fungsi tonjolan karet yang ada di bawah laptop, selain sebagai penopang bobot, juga memiliki keuntungan lainnya. Semoga berguna, wassalam.*

0 Response to "3 Fungsi Tonjolan Karet di Bawah Laptop"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.