Memahami Jenis Iklan Adsense Youtube: Overlay, Sponsored & Skippable

Apa-apa saja jenis iklan google adsense yang tampil di video youtube? Pernah bertanya demikian? Mungkin artikel ini bisa menjawab pertanyaan itu, seperti pengertian overlay ads, apa itu sponsored cards, skippable dan non-skippable ads.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa seperti iklan dengan jenis "display ads" sudah ditiadakan lagi. Saya tidak tahu penyebabnya kenapa. Namun, ada 4 opsi macam iklan adsense yang bisa kita pilih.

Memahami Jenis Iklan Adsense Youtube: Overlay, Sponsored & Skippable

Untuk informasi lebih lanjut, iklan jenis "display ads" itu berada di pojok kanan pada layar desktop. Sepertinya sih tampil secara otomatis gitu, secara pada bagian setting monetisasi, pilihan jenis iklan tersebut sudah tidak ada.

Memahami Jenis Iklan Adsense Youtube: Overlay, Sponsored & Skippable


Untuk memahami pembahasan ini, sebaiknya Anda menyesuaikan tiap-tiap poin pembahasan dengan gambar dibawah ini, tujuannya agar lebih mudah dimengerti.

Memahami Jenis Iklan Adsense Youtube: Overlay, Sponsored & Skippable

#1. Overlay Ads - Iklan Hamparan (Desktop Only)

Iklan ini bentuknya seperti CPC yang ada di dalam blog, dimana apabila penonton video meng-klik iklan jenis overlay ads ini, maka youtubers tersebut mendapatkan sedikit penghasilan dari hasil klik yang dilakukan tadi.

#2. Sponsored Cards - Kartu Bersponsor (All Device)

Saya kurang tahu pasti bagaimana bentuk tampilan iklan jenis sponsored cards ini. Secara, tidak semua video di youtube memanfaatkan fitur.

Menurut informasi yang didapatkan, iklan berjenis sponsored cards ini sangat jarang ditampilkan. Mungkinkah hanya diperuntukkan secara khusus bagi channel-channel video youtube yang sudah berkualitas?

#3. Skippable Video Ads - Iklan video yang dapat dilompati

Nah, adalah sebuah keuntungan bagi kita-kita yang pernah mendapatkan tayangan iklan jenis skippable video ads ini. Menguntungkan banget, secara tidak semua video youtube mendapatkannya, jarang banget.

Namun, kekurangan dari jenis iklan ini adalah bisa di skip, dengan kata lain bisa dilompati atau dilewati tanpa di tonton terlebih dahulu. Durasi iklannya juga bermacam-macam, ada yang 10 detik, 20 detik dan bisa 30 detik.

Jika sudah di skip, ya sudah, kita tidak akan menerima penghasilan. Next, nomor 4!

#4. Non-Skippable Video Ads - Tidak bisa dilewati

Alhamdulillah kalau rekan-rekan youtubers mendapatkan jenis iklan seperti ini. Iklan ini hampir sama dengan jenis iklan nomor 3 diatas, namun keuntungannya adalah tidak bisa di skip!

Artinya, penonton harus "terpaksa" menonton video tersebut selama 30 detik - atau kurang dari itu. Jadi, ini merupakan keuntungan yang sangat berarti, toh tidak semua youtubers mendapatkannya, langka banget.

Pada non-skippable video ads ini pun, beberapa youtubers mendapatkan pilihan untuk mengaktifkan "long non-skippable ads", artinya iklan tersebut akan ditampilkan lebih lama. Kalau ada, harap di centang OK, jika tidak ada ya sudah.

Bagaimana Cara Menampilkan Iklan Adsense dengan Jenis tertentu?

Untuk saat ini, saya tidak tahu. Lagi pula, saya sendiri tidak menemukan informasi tersebut. Namun, kita bisa mengusahakan agar jenis iklan tersebut tampil di video youtube kita.

Caranya cukup mudah, sebelum video dipublikasikan, diharapkan untuk mencentang OK pada semua jenis-jenis unit iklan adsense video youtube yang akan ditampilkan nantinya.

Nah, itu dia pembahasan lengkap tentang memahami jenis-jenis iklan adsense youtube seperti overlay ads, sponsored cards, skippable video ads dan non-skippable video ads. Semoga berguna, wassalam.*

0 Response to "Memahami Jenis Iklan Adsense Youtube: Overlay, Sponsored & Skippable"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.