Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android yang bukan dari Playstore

Kita sebagai salah satu pengguna Android kadang dihadapkan pada persoalan yang cukup dilema, yakni Android tidak mengizinkan aplikasi pihak ketiga terinstall di HP kita. Nah, bagaimana cara mengatasi tidak bisa install aplikasi di Android yang bukan dari Playstore?

Biasanya, setelah kita mencoba menginstall apk pihak ketiga tersebut, muncul notifikasi atau pemberitahuan berupa peringatan atau error. Berikut tulisan error tersebut,

Install Blocked: For security, your phone is set to block installation of applications not obtained from Google Play.

Akan ada pilihan, "cancel" yang mengartikan membatalkan permintaan tersebut atau masuk ke "settings" untuk mengubah setelan instalasi software dari pihak ketiga.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android yang bukan dari Playstore

Inilah cara mengatasi tidak bisa install aplikasi di Android yang bukan dari Playstore, dengan kata lain cara agar bisa meng-install aplikasi pihak ketiga di Android.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android yang bukan dari Playstore


Apabila dalam kondisi tersebut muncul pesan "Install Blocked" pilih saja "Settings" atau pengaturan Android. Nantinya, secara otomatis kita akan diarahkan ke konfigurasi Android.

1. Setelan > Keamanan
2. Scroll sampai ke bawah, sampai menemukan "Sumber tidak dikenal"

Pada tulisan yang berjudul "Sumber tidak dikenal", nantinya kita akan mengizinkan atau tidak pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak diketahui.

Centang saja OK agar kita diberikan izin untuk menginstall aplikasi Android yang bukan dari Playstore. Tutorial ini untuk Android versi terbaru, yakni Lolipop (5.1.1) 2016, - Lenovo A6000 Plus.

Pada tutorial kali ini, saya menggunakan bahasa Indonesia. Bagi yang Android-nya menggunakan bahasa Inggris, saya terjemahkan saja dibawah ini:

  1. Masuk dulu ke Settings
  2. Security > Unknown Sources (dibagian bawah)
  3. Centang OK pada "Unknown Sources", selesai.

Nantinya muncul tulisan peringatan lagi, tulisannya seperti ini:

Unknown SourcesYour device and personal data are more vulnerable to attack by applications from unknown sources.
You agree that you are solely responsible for any damage to your device or loss of data that may result from using these applications.

Klik OK lagi! Kini program aplikasi pihak ketiga sudah bisa di instal di Android kita.

MOHON DIPERHATIKAN

Perlu diperhatikan bahwa software pihak ketiga atau program (.apk) yang kita download di google itu belum terjamin keamanannya. Bisa saja "dimasukin" virus jahat, sehingga menyerang Android kita.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, toh biaya install ulang Android itu mahal loh kecuali kalau kita bisa melakukannya sering.

Itulah cara mengatasi tidak bisa install aplikasi di Android yang bukan dari Playstore, dengan kata lain cara agar bisa meng-install aplikasi pihak ketiga di Android. Semoga berguna, wassalam.*

Ditulis oleh:

Blogger pemula (/Newbie-Class) - senang menulis apa pun yang saya anggap menarik. Just another your blogging inspirations :)

Labels: Android

Thanks for reading Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android yang bukan dari Playstore. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

0 Comment for "Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android yang bukan dari Playstore"

Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.

Back To Top