Pengertian Blogger, Vlogger dan Youtubers serta Perbedaannya

Masih asing dengan istilah atau sebutan blogger, vlogger dan youtubers? Apa itu blogger dan blogging? Apa pengertian vlog dan vlogger, dan youtubers? Apa perbedaan antara blogger, vlogger dan youtubers?

Pada umumnya, orang langsung mengerti apa itu blog. Biasanya disimpulkan seperti situs atau website. Sebenarnya beda loh. Blog sudah pasti website, website belum tentu blog.

Pengertian Blogger, Vlogger dan Youtubers serta Perbedaannya

Sederhananya seperti ini, ada sebuah rumah yang kita sebut website. Nah, tiap-tiap kamar itu adalah blog. Kalau masih bingung, silahkan googling sendiri ya, soalnya pembahasannya sangat luas terkait perbedaan blog, situs dan website.

Di artikel kali ini, saya ingin menekankan pembahasan terkait Vlogger dan Youtubers karena masih banyak orang yang salah beranggapan, berasumsi dan berpendapat.

Apa itu Vlog & Vlogger?


Pengertian vlogger adalah seorang youtubers yang menggabungkan video youtube miliknya di dalam sebuah blog, dalam artian blog tersebut juga merupakan miliknya. Jadi, kasusnya orang ini memiliki situs dan channel youtube yang digabungkan ke dalam artikel blog miliknya.

Istilah ini dikenal embed atau disematkan (menyematkan), yakni blogger tersebut memiliki sebuah situs atau website dimana di dalam artikel-artikel yang di buat disematkan sebuah video yang berasal dari channel youtube milik pribadinya.

Sebagai tambahan, ada keistimewaan dan keuntungan disini.

Pemilik video akan sangat mudah mempromosikan channel youtube miliknya melalui media blog, apalagi jika blog tersebut memiliki ranking yang sudah tinggi dan mudah menempati page-one di search engine google, bing, yahoo maupun yandex sekaligus.

Hal ini dikarenakan persaingan di kalangan youtubers yang sangat sulit untuk menempati halaman pertama sesuai kata kunci yang di ketik oleh pengunjung.

Nah, dengan adanya bantuan media blog, maka segalanya akan tampak lebih mudah. Kita juga bisa meminta bantuan kepada teman-teman blogger yang memiliki situs atau website dengan ranking yang tinggi.

Apa itu Youtubers?


Pengertian youtubers adalah mereka yang membagikan video-video di saluran youtube miliknya. Videonya bisa di bilang satu topik atau berbagai topik (banyak niche) dalam satu saluran, terserah. Sama halnya seperti vlogger, kok :)

Yang membedakan seorang youtubers dengan vlogger adalah youtubers tidak memiliki blog! Sedangkan vlogger memiliki, blog, situs atau website dimana tempat bagi dirinya untuk mempromosikan video-nya.

Nah, apabila Anda adalah seorang youtubers akan tetapi tidak mempunyai situs, blog atau website sebagai sarana "semat" atau "embed" video, jangan sesekali menyebut diri Anda adalah seorang vlogger karena itu BERBEDA.

Jadi sangat jelas perbedaan antara blogger, vlogger dan youtubers. Itulah pengertian blogger, vlogger dan youtubers serta perbedaannya. Semoga berguna, wassalam.*

Ditulis oleh:

Blogger pemula (/Newbie-Class) - senang menulis apa pun yang saya anggap menarik. Just another your blogging inspirations :)

Labels: Youtube

Thanks for reading Pengertian Blogger, Vlogger dan Youtubers serta Perbedaannya. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

0 Comment for "Pengertian Blogger, Vlogger dan Youtubers serta Perbedaannya"

Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.

Back To Top