4 Pengaruh Menghapus Akun Google+ bagi Blog dan SEO

Note: Blog ini sedang dalam masa pengembangan, baik dari segi SEO maupun artikel. Mohon maaf apabila gambar tidak tersedia untuk saat ini, - 10 Februari 2018.
4 Pengaruh Menghapus Akun Google+ bagi Blog dan SEO

Apakah pengaruh dan dampak menghapus akun Google Plus bagi blog? Bagaimana efeknya terhadap SEO dari web blog, situs atau website tersebut?

Sebagai salah satu pengguna media sosial, saya mengutamakan produk Google seperti GMail, Google Adsense, Youtube, Picasa, Google Drive, Blogger, Chrome, Google Docs, Trends, Translate dan masih banyak lagi untuk mendukung berbagai aktifitas saya.

Sebabnya satu akun Google Plus itu akan saling terintegrasi (sinkronisasi) dengan produk dan layanan Google lainnya dalam satu waktu sekaligus. Artinya dengan memiliki satu akun Google+ kita bisa menggunakan semua layanan milik Google.

Permasalahannya adalah bagaimana apabila Google Plus itu dihapus? Apa imbasnya ke produk2 lainnya yang telah kita gunakan untuk satu akun Google+ tersebut?

Baca Juga: EFEK mengubah HTTP menjadi HTTPS bagi Web Blog

4 Pengaruh Menghapus Akun Google+ bagi Blog dan SEO


#1. Semua Layanan Google Terhapus

Sebelum yakin menghapus akun Google+ biasanya kita akan diperingatkan apabila akun dihapus maka seluruh kegiatan dan aktifitas yang tersimpan di akun tersebut akan ikut terhapus.

Itu semua termasuk ke dokumen, gambar, video dan lainnya yang telah kita simpan di produk dan layanan Google.

4 Pengaruh Menghapus Akun Google+ bagi Blog dan SEO

Berdasarkan pengalaman, sebelum saya menggunakan akun Google+ ini, saya pernah menggunakan akun Google+ sebelumnya yang saya jadikan admin utama dari blog ini.

Setelah proses pemindahan Author blog dari akun Google+ lama ke akun Google+ ini selesai, akun Google Plus yang lama saya hapus.

Lantas apa yang terjadi selanjutnya?

Seluruh gambar di web blog atau situs saya menghilang! Bukan itu saja, melainkan penyimpanan "Saved" game-game yang ada di Playstore juga ikut menghilang.

Alhamdulillah akun sosial media seperti Instagram, Facebook dan Twitter masih aman, hanya saja status konfirmasinya berubah menjadi tidak/belum dikonfirmasi.

Bagaimana solusinya agar data-data tersebut tidak hilang?

Faktanya kita diberikan Opsi oleh Google apakah akun Google+ dihapus secara tidak sengaja atau sebab lainnya.

Kita diberi waktu (sekitar 24 jam sampai 1 minggu) untuk konfirmasi ulang apakah akun tersebut memang benar-benar diniatkan untuk dihapus atau tidak sama sekali.

Singkatnya, dalam satu minggu itu kita masih bisa mengembalikan akun Google+ tersebut. Apabila akun Google+ tidak dikonfirmasi dalam satu minggu, semua data2 penting akan terhapus secara permanen.

Baca Juga: Kenapa Template Fast Loading Penting?

#2. Followers & Viewers yang Hilang

Waktu itu saya menggunakan akun Google+ dengan followers yang sedikit serta viewers yang sedikit juga.

Maksudnya memang nggak merugikan bagi saya secara pribadi. Akan tetapi apabila akun Google+ yang sekarang saya pakai ini dihapus (atau terhapus) itu merupakan kerugian terbesar dalam hidup saya.

Sebab akun Google+ yang memiliki followers yang banyak serta viewers yang berjutaan merupakan kredibilitas tersendiri bagi akun Google+ kita.

Followers yang banyak menandakan bahwa kita sudah cukup terkenal, apalagi dengan adanya followers yang tergolong banyak maka artinya mereka juga bisa terus mengikuti perkembangan artikel terbaru di web blog, situs atau website kita.

Untuk soal viewers bagi saya adalah soal kredibilitas, semakin tinggi view-nya semakin menarik dan berkualitas pula profil akun Google+ kita.

#3. Efek Menghapus Akun Google+ bagi Trafik Web Blog

Setiap menulis konten terbaru, konten tersebut akan terbagikan secara otomatis di timeline Google+. Biasanya konten tersebut akan dibuka oleh followers kita apabila itu memang menarik untuk dibaca.

Faktanya disinilah faktor tinggi dan rendahnya trafik blog kita. Jika followers hilang maka yang membaca pun tidak ada sama sekali.

#4. Pengaruh terhadap SEO

Backlink terbaik yang diungkapkan oleh Google adalah Google+ karena Google+ bersifat "dofollow" yang artinya backlink alami.

Menurut fakta Google+ merupakan backlink terbaik dan lebih baik ketimbang Facebook.

Baca Juga: Fakta: Google+ adalah Backlink Terbaik

Karena sifatnya dofollow serta followers yang banyak, ada kemungkinan konten kita bakal di share ulang dan itu turut mempengaruhi ranking web blog kita di SERPs.

Jadi followers itu sangat penting.

Singkatnya, dalam posting kali ini... sekalinya hilang akun Google+ yang memiliki followers yang banyak, itu rugi banget menurut saya.

Semoga pengalaman saya ini tidak terjadi pada teman-teman blogger lainnya. Syukron...*

Labels: SEO

Thanks for reading 4 Pengaruh Menghapus Akun Google+ bagi Blog dan SEO. Semoga berguna, Gan!

4 Komentar untuk "4 Pengaruh Menghapus Akun Google+ bagi Blog dan SEO"

Barusan saya buat blog baru di blogspot, buat tutorial agar di screenshoot langkah2nya. Pas sudah selesai saya hapus google+, yg terjadi bukan hanya google+ yg terhapus tetapi juga alamat blogspot yg baru saja saya buat (belum ada postingan), dan saya ketik lagi alamat blogspot tsb di browser ternyata msh bisa didaftarkan kembali (tidak dihapus permanen), bagaimana penjelasannya kok bisa terhapus sama blognya? Thanks

Sebelum menghapus akun google plus, biasanya ada peringatan seperti ini mas:

"Apakah Anda yakin ingin menghapus akun google plus Anda? Semua perangkat yang terhubung ke akun google plus milik Anda juga akan ikut terhapus. Pastikan bahwa Anda telah mem-back up data-data yang Anda anggap penting."

Itulah kenapa blog mas terhapus, karena jelas-jelas ada peringatan "semua perangkat yang terhubung ke akun google plus milik Anda juga akan ikut terhapus".

Iya bener juga nih... Semua yang ku share di Google+ bakal lebih mudah masuk search engine bandingkan semacam fb, twitter dan semacamnya. Makasih yaa infonya... Sangat memberkati buat saya yang masih newbie... Sukses slalu!!

Ini dia gan ^^
https://tipsseokiller.blogspot.co.id/2016/07/fakta-backlink-google-plus.html

Gunakan anonymous kalau tidak punya Google+ Account.

Back To Top