EFEK Outbound Link: Apakah Mempengaruhi Kualitas SEO pada Blog?

Note: Blog ini sedang dalam masa pengembangan, baik dari segi SEO maupun artikel. Mohon maaf apabila gambar tidak tersedia untuk saat ini, - 10 Februari 2018.
Apa dampak, efek dan pengaruh Outbound Link bagi web blog, situs atau website?

Saat ini, kita mengenal istilah yang dinamakan Inbound Link dan Outbound Link, pertanyannya ialah apa bedanya Inbound Link dan Outbound Link?

Pengertian dari Inbound Link ialah URL (atau Link) yang masuk ke web blog kita (bisa dikatakan, Backlink); sedangkan Outbound Link merupakan memberikan Backlink kepada situs web lainnya.

Pada umumnya, baik itu Inbound Link atau Outbound Link lebih bersifat kepada daftar pustaka, rujukan, referensi atau sumber informasi yang didapatkan.

Link ini bisa saja berupa Dofollow mau pun Nofollow; tergantung bagaimana si pelaku Inbound atau Outbound Link melakukannya.

EFEK Outbound Link: Apakah Mempengaruhi Kualitas SEO pada Blog?


Outbound Link adalah memberikan Backlink gratis atau pun berbayar ke web blog milik blogger lain. Lantas, apakah itu mempengaruhi kualitas SEO web blog maupun artikel di SERPs nantinya?

John Mueller, Google Webmaster Trends Analytics, mengatakan bahwa konsep web blog itu saling berhubungan antara A sampai Z.

Hubungan ini tentunya akan berimbas kepada ranking sebuah situs apakah akan ditingkatkan atau tidak.

Sederhananya, Outbound Link di percaya sebagai salah satu faktor untuk meningkatkan kredibilitas sebuah artikel dari situs web.

EFEK Outbound Link: Apakah Mempengaruhi Kualitas SEO pada Blog?

Berdasarkan pengalaman saya ngeblog (blogging), ini cuma masalah gampang.

Kalau ingin memasangkan Outbound Link, usahakan pemasangan Link yang aktif untuk tidak melampaui batas, cukup sewajarnya saja. Sedangkan kalau link yang ditulis begitu saja (tidak diaktifkan), boleh lebih dari pada itu.

Link Non-Active silahkan pasang lebih dari 5 buah, itu tidak melanggar; bahkan blog saya aman-aman saja. Toh, buktinya saya sudah melakukan hal itu, dan aman-aman saja.

Akan tetapi, apabila Link yang akan dipasangkan di artikel blog berupa Link Aktif, usahakan untuk tidak terlalu banyak. Minimal 3 buah saja, sudah cukup...

Labels: SEO

Thanks for reading EFEK Outbound Link: Apakah Mempengaruhi Kualitas SEO pada Blog?. Semoga berguna, Gan!

2 Komentar untuk "EFEK Outbound Link: Apakah Mempengaruhi Kualitas SEO pada Blog?"

Artikelnya cukup memberikan pencerahan mengenai kesimpangsiuran inbond dan outbond link. Terimakasih

Terima kasih atas kunjungannya mas Cepi...

Gunakan anonymous kalau tidak punya Google+ Account.

Back To Top