7+1 Cara Mengatasi Rasa Malas Ngeblog / Blogging

Note: Blog ini sedang dalam masa pengembangan, baik dari segi SEO maupun artikel. Mohon maaf apabila gambar tidak tersedia untuk saat ini, - 10 Februari 2018.
7+1 Cara Mengatasi Rasa Malas Ngeblog / Blogging

Apa yang harus dilakukan ketika menghadapi dan mengatasi rasa malas, jenuh atau bosan ngeblog blogging?

Sebuah pertanyaan yang diajukan oleh blogger pemula untuk para senior; karena kebanyakan para blogger senior sudah melewati masa-masa jenuhnya ngeblog.

Mengapa? Sebab, di awal ngeblog, blogger pemula begitu sangat ketagihan untuk terus memposting artikel di web blog mereka.

Ada saatnya blogger pemula ini merasakan kejenuhan untuk terus berusaha update artikel; hingga pada akhirnya blog tersebut Anda biarkan begitu saja; alias tidak terurus karena sudah bosan ngeblog.

Pertama sekali yang perlu kita ketahui adalah alasan Anda mulai malas ngeblog.

Ada beberapa penyebab mengapa blogger mulai merasa bosan ngeblog, diantaranya seperti:

  1. Tidak menghasilkan uang
  2. Kehabisan ide menulis
  3. Pemicunya trafik blog sepi / sedikit
  4. Di tolak Google AdSense sampai berkali-kali
  5. Peralatan aktifitas ngeblog mengalami kerusakan
  6. Peralatan ngeblog hilang
  7. Kesibukan di dunia nyata yang tak boleh dilewatkan
  8. Topik / tema situs tidak sesuai dengan Passion Blog
  9. Dan masih banyak lagi faktor serta penyebabnya

Untuk menghadapi atau melewati fase-fase kejenuhan ngeblog, setidaknya 7+2 cara mengatasi rasa malas ngeblog blogging di bawah ini bisa membantu Anda.

7+1 Cara Mengatasi Rasa Malas Ngeblog / Blogging

Baca Juga: Faktor Tinggi dan Rendahnya Organic Traffic

7+1 Cara Mengatasi Rasa Malas Ngeblog / Blogging


#1. Refreshing, Gan!

Refreshing itu perlu karena kita (baca: blogger / penulis) bukanlah robot. Pulang kampung mungkin solusi terbaik yang bisa dipilih.

Setelah lebaran usai, sudah berapa lama sih tidak pulang kampung lagi? Pulang kampung gih! Sombong banget...

#2. Membaca atau Menonton Kisah Motivasi

Nah ini penting untuk mendorong kita agar mau terus berjalan karena sukses itu tidak gampang, tidak semudah membalikkan telapak tangan; kecuali kalau Anda lahir dari keluarga berada (orang kaya).

Kalau Anda dimanjain, duduk-duduk ngangkang juga duit masuk.

Orang-orang bisa sukses kaerna mereka mau berusaha, punya niat dan tekad yang kuat serta mau ikhlas dan bisa bersabar.

Baca Juga: Contoh Artikel Blog yang User-Friendly

#3. Membuat Blog dengan Topik yang Baru

Bosan dengan artikel yang di tulis itu-itu saja? Mending bikin web blog baru dengan topik yang berbeda pula.

Lebih dari itu, hikmahnya pun kita bisa mengenali diri sendiri.

Kita bakal tahu Passion ngeblog kita dimana, mungkin di blog yang lama tidak cocok tapi di blog baru ini baru ketemu Passion Blogger-nya.

#4. Membaca Postingan Lama

Di setiap artikel yang kita publikasikan di web blog, kadangkala ada hal-hal yang terlewatkan.

Nah, yang terlewatkan itu bisa kita jadikan bahan untuk menulis artikel terbaru.

Kalau sebelumnya membahas "Tutorial Memperbaiki CPU", kenapa nggak nyoba bikin artikel baru dengan judul "Cara Merawat CPU?" misalnya?

Kalau awalnya hanya membahas tentang berita sepak bola, kenapa tidak mencoba menulis postingan tentang Sejarah, Legenda atau Statistik sepak bola?

#5. Menambahkan Artikel Pribadi

Contohnya blog kita bertemakan teknologi, karena kehabisan ide menulis maka kita mendiamkan blog tersebut.

Jangan! Sebab, ngeblog harus konsisten...

Tulis saja pengalaman-pengalaman tertentu yang berkaitan dengan teknologi, misalnya pengalaman kerusakan hardware atau pengalaman membeli keyboard secara online di Tokopedia.

Hitung-hitung berbagi pengalaman pahit :)

#6. Menghargai & Memaksimalkan Waktu sebaik Mungkin

"Aturan ada untuk dilanggar," begitulah Quote yang pernah saya baca. Kocak sih haha...

Sebenarnya ngeblog itu butuh aturan, aturan waktu! Biar aktifitas ngeblog tidak membosankan, coba deh menghargai dan memaksimalkan waktu ngeblog dengan cara mengatur jadwal blogging kita.

Hari apa, jam berapa, apakah weekend atau dipertengahan minggu, berapa konten per hari dan lainnya. Pasti terlihat perbedaannya.

Selama masa senggang (tidak ngeblog), kita bisa menjelajahi dunia nyata kita secara menyeluruh.

Umumnya, dari situ pula, kadang ide-ide tulisan terbaru pun biasanya bakal muncul. Dan jangan lupa selalu membawa buku catatan kecil untuk mencatat poin-poin yang perlu di ingat.

Baca Juga: Apa itu Passion Blogger? Pengertian Passion Blogger

#7. Memahami Tujuan Blogging

Kita blogging buat apa? Cari uang? Pasti terasa sulit. Ngeblog karena tujuannya mencari uang butuh ekstra kerja keras yang super duper keras.

Passion, berbagi pengalaman atau memang hobinya menulis? Pasti terasa asyik dan nggak kehabisan ide.

Soal uang? Behhh... Uang nggak terpikirkan kalau passionnya sudah di dunia blogging.

Kalau penghasilan sudah mengalir, rasanya itu seperti HOBI YANG TERBAYARKAN. Layaknya pemain bola; hobi bermain bola, eh malah di gaji. Miliaran rupiah malah.

#8. Ngeblog sambil Nongkrong

Nongkrong dan blogging itu hobi saya, bahkan di tempat nongkrong pun seringkali saya menyempat-nyempatkan diri untuk menulis artikel terbaru hehehe... kebahagian saya berasa ganda, 2 in 1.

Blogging di tempat ramai itu asyik banget.

Suasana pikiran dan hati pun juga ikutan tenang dan damai. Nggak cuma di tempat tongkrongan, bisa juga di mall, restoran, warung kopi, nobar (nonton bareng bola) dan lainnya. Ya bebaslah yaaa.

Memang sih, blogging di tempat keramaian itu sulit membuat fokus, tapi nggak juga. Asal kita bisa mengatur emosi dan pikiran fokus, pasti keributan di sekitar bukan masalah.

Ya mungkin itu saja yang bisa saya tuliskan kali ini. Barangkali ada yang berasa kurang, bisa ditambahkan di kolom komentar kok.

Nggak punya akun Google+? Silahkan berkomentar dengan akun anonymous.

Labels: Tips Blogging

Thanks for reading 7+1 Cara Mengatasi Rasa Malas Ngeblog / Blogging. Semoga berguna, Gan!

2 Komentar untuk "7+1 Cara Mengatasi Rasa Malas Ngeblog / Blogging"

Makasih banyak kawan buat infonya, semoga menjadi amal kebaikan bagi Anda.

Sama-sama mas fauzi :)

Gunakan anonymous kalau tidak punya Google+ Account.

Back To Top