Pengertian Blogger, Vlogger dan YouTubers serta Perbedaannya

Note: Blog ini sedang dalam masa pengembangan, baik dari segi SEO maupun artikel. Mohon maaf apabila gambar tidak tersedia untuk saat ini, - 10 Februari 2018.
Pengertian Blogger, Vlogger dan YouTubers serta Perbedaannya

Masih asing dengan istilah atau sebutan Blogger, Vlogger dan YouTubers?

Apa itu Blogger dan Blogging? Apa pengertian dan perbedaan antara Vlog, Vlogger dan YouYubers? Apa perbedaan antara Blogger, Vlogger dan YouTubers?

Pada umumnya, orang langsung mengerti apa itu blog.

Umumnya orang langsung menyimpulkan bahwa blog itu seperti situs atau website. Sebenarnya beda, loh! Blog sudah pasti website, website belum tentu blog.

Singkatnya website itu ibarat sebuah rumah. Nah kamar-kamar yang ada di dalam rumah (website) tersebut adalah blog. Singkatnya seperti itu.

Di artikel kali ini, saya ingin menekankan pembahasan terkait Vlogger dan Youtubers karena masih banyak orang yang salah beranggapan, berasumsi dan berpendapat.

Apa itu Vlog & Vlogger?


Pengertian Vlog (atau Vlogger) adalah Video & Blog.

Seorang YouTubers yang menggabungkan video YouTube miliknya di dalam sebuah blog, dalam artian blog tersebut juga merupakan miliknya; maka dianggap VLOGGER.

Pengertian Blogger, Vlogger dan YouTubers serta Perbedaannya

Singkatnya, Vlogger itu merupakan orang yang memiliki Situs (Web Blog atau Website) dan Channel YouTube yang digabungkan ke dalam artikel blog miliknya.

2 in 1 gitu, bro! :)

Blog dan Channel Youtube - dimiliki satu orang. Lalu, saling dikaitkan. Istilah ini dikenal Embed atau disematkan (menyematkan).

Sebagai tambahan informasi pada posting ini, ada keistimewaan dan keuntungan disini.

Pemilik video akan sangat mudah mempromosikan Channel YouTube miliknya melalui media blog, apalagi jika blog tersebut memiliki Ranking yang sudah tinggi dan mudah menempati Page-One di Search Engine Google, Bing, Yahoo maupun Yandex sekali pun.

Hal ini dikarenakan persaingan di kalangan YouTubers yang sangat sulit untuk menempati halaman pertama sesuai kata kunci yang di ketik oleh pengunjung.

Dengan adanya bantuan media blog, maka segalanya akan tampak lebih mudah.

Baik itu dari sisi promosi maupun dari sisi lainnya. Pokoknya lebih mudah kalau ceritanya "2 in 1" gini.

Apa itu YouTubers?


Pengertian YouTubers adalah mereka yang membagikan video-video di saluran YouTube miliknya. Terserah apapun topik videonya.

Yang membedakan seorang YouTubeers dengan Vlogger ialah YouTubers tidak memiliki blog, sedangkan Vlogger tentu memiliki Blog, Situs atau Website; tempat dimana ia mempromosikan (atau Embed) videonya.

Yang membedakan seorang Youtubers dengan Vlogger adalah Youtubers tidak memiliki blog! Sedangkan vlogger memiliki, blog, situs atau website dimana tempat bagi dirinya untuk mempromosikan video-nya.

Apabila Anda adalah seorang Youtubers akan tetapi tidak mempunyai Situs, Blog atau Website sebagai sarana "semat" atau "Embed" video, jangan sesekali menyebut diri Anda adalah seorang Vlogger karena itu berbeda.

YouTubers dan Vlogger itu Berbeda, Guys

YouTubers hanya punya Channel YouTube, kalau Vlogger punya Channel Youtube dan Situs Web.

Itu yang membedakan kedua profesi tersebut.

Agak heran sih ketika seseorang mengakui dirinya, "Gue ngevlog nih!" tapi begitu ditanyain punya Situs Web, nggak? Eh nggak punya.

Ya, berarti ente disebut YouTubers, bukan Vlogger.

Karena saya orang Aceh, asli dilahirkan dan dibesarkan di Aceh, kasus seperti ini sama seperti sebutan untuk sepeda motor yakni "Honda".

Apa pun mereknya, baik itu Suzuki, Kawasaki dll tetap disebut "Honda".

Kenapa? Karena sejarahnya dulu, Honda adalah produsen pertama yang pertama kali masuk ke wilayah Aceh. Jadi apapun merek motornya, tetap di sebut "Honda".

  • Sulaiman, "Bro, honda baru ya?"
  • Bang Maimun, "Iya nih bro, honda kawasaki 250cc"

Karena sejak awal sudah salah pengertian, maka nggak heran kalau banyak orang yang mengakui dirinya Vlogger, - tapi nggak punya Situs Web, padahal seharusnya mereka ini dianggap YouTubers.

Kurang lebih seperti itulah.

Contoh yang paling kentara itu adalah Raditya Dika, komedian kondangan Indonesia. Doi punya Situs Web, punya Channel YouTube juga. Nah, sering banget tuh digabung.

Jadi, Raditya Dika adalah seorang Vlogger :)

Sangat jelas kan perbedaan antara Blogger, Vlogger dan YouTubers? Memang sih sepele, tapi kalau sempat di dengar sama orang bule, malu-maluin tong... Haha...*

Labels: Youtube

Thanks for reading Pengertian Blogger, Vlogger dan YouTubers serta Perbedaannya. Semoga berguna, Gan!

1 Komentar untuk "Pengertian Blogger, Vlogger dan YouTubers serta Perbedaannya"
Anonymous
delete

Makasih bro!
Ane baru tau kalo vlog dan youtubers itu beda...!

Gunakan anonymous kalau tidak punya Google+ Account.

Back To Top