SEO Kraken Premium Blogger Template

Pengertian Autoblog: Auto Copas Artikel Blog Orang lain dengan RSS Feed

Taqabbalallahu Minna wa Minkum. Minna wa Minkum Taqabbalallah. Saya atas nama Arief Ghozaly, Penulis sekaligus Pemilik SEO Killer Tips, Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1349 H. Minal Aidzin wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir & Bathin.
Loading...
Pengertian Autoblog: Auto Copas Artikel Blog Orang lain dengan RSS Feed
Singkatnya apa itu Autoblog adalah copy dan paste artikel blog orang lain dengan otomatis.

Disisi lainnya definisi Autoblog pun berbeda-beda tergantung kepada siapa agan bertanya. Siapa pun orang tersebut.

Cara kerja dari Autoblog sendiri dengan cara mengandalkan RSS Feed blog tersebut. Misalnya saya membuat dan memasangkan widget berlangganan di sidebar blog ini.

Ketika ada pelaku Autoblog yang ingin mendaftarkan emailnya dengan tujuan berlangganan artikel, disaat itu juga pelaku tersebut memulai aksinya.

Ketika saya menulis dan mempublikasikan sebuah posting terbaru, otomatis blog si pelaku pun ikut ter-update dengan konten yang sama persis seperti apa yang saya tulis.

Dimulai dari isi tulisan, gambar, Internal Link, Eksternal Link, Inbound maupun Outbound Link, pokoknya semuanya dah. Ngeri gan.

Pengertian Autoblog

Secara umum, istilah Autoblog dapat didefinisikan dengan dalam beberapa pengertian, tergantung pada siapa agan bertanya.

Umumnya sih definisi yang dapat diterima tentang apa itu Autoblog adalah blog yang secara otomatis menerbitkan konten yang biasanya tidak dibuat oleh pemiliknya.

Sebagai gantinya Autoblog menerbitkan konten dari sumber gratis melalui berlangganan artikel. Atau bisa dibilang memanfaatkan celah di RSS Feed.

Cara Kerja dari Autoblog

Saya sudah Googling dan menemukan jawaban bahwa apabila ingin menggunakan cara Autoblog ini kita harus membeli software atau perangkat lunak yang dijajakan di "pasar gelap" atau di sebuah forum.

Harga aplikasi Autoblog ini sendiri saya nggak tahu karena nggak pernah menggunakannya.

Ketika aplikasi ini dijalankan dan disesuaikan keinginan, ketika target menerbitkan artikel terbaru maka sepersekian detik kemudian artikel terbaru tersebut pun secara otomatis akan ter-update juga di blog si pelaku Autoblog.

Semua itu diawali dengan langganan artikel atau celah RSS Feed.

Contohnya?

Wah banyak banget malah. Tapi saya ambil satu contoh saja yaitu blog IwanBanaran yang mengulas otomotif (sepeda motor).

Malahan mas Iwan sendiri menulis posting secara khusus bahwa ia telah mematikan fitur dan layanan berlangganan artikel blog dari IwanBanaran. Sangat disayangkan :(

Berikut isi tulisan mas IWB sendiri, Begitu Masif-nya "Auto Copy Paste" Konten Warung IWB.

Dalam Blog, kita menemukan fitur yang namanya RSS feed. Fitur ini sejatinya untuk membantu agar konten Blog bisa disebar kepada para pembaca dengan mudah karena secara auto sistem akan menyebarkan kepada audiences.

Sayang dalam perjalanannya... kemudahan fitur tersebut disalah gunakan beberapa oknum tidak bertanggung jawab untuk merampok konten IWB tiap artikel rilis dalam website mereka demi keuntungan pribadi ataupun golongan.

Awalnya IWB masih bisa memaklumi ketika hal itu dilakukan oleh individu. Namun setelah IWB teliti bersama IT Iwanbanaran.com faktanya begitu mengejutkan !

Yang lebih gilanya lagi gan... Salah satu media digital Online besar di Indonesia yang disegani IWB pun ikutan melakukan tindak serupa. Cyber Crime! Pencurian hak cipta orang lain ini mah!

Maka perlu tindak lanjut untuk mengatasi masalah ini agar blog agan tidak ikutan terkena dampaknya.

Bagaimana Cara Mengatasi Pencurian Artikel seperti Autoblog?

Nggak masalah mau menyediakan widget berlangganan di blog asalkan pada pengaturan blogger telah di setting. Bagaimana cara settingnya?

Karena ini adalah Blogger (Blogspot) maka yang saya pakai adalah cara setting di Blogger ya. Saya sendiri nggak tahu betul gimana cara penerapannya di WP.


  1. Blogger > Other
  2. Site Feed > Allow Blog Feed
  3. Ubah tulisan "Full" menjadi "Short"
  4. Save settings. Selesai!


Atau bisa juga di setting dengan konfigurasi Custom (Blog Post Feed, Comment dan Per Post Comment: Short semua).

Apakah dengan cara ini bisa mengatasi dan menghindari autoblog ya? Saya sendiri kurang tahu. Semoga saja aman dan terkendali. Amin.

Dampak Bahaya dan Efek Buruk Terkena AutoBlog

Disisi lain tentu saja ada dampak dan pengaruhnya yakni Google bakal menilai negatif situs web kita. Lah banyak posting yang kembar di SERPs.

Otomatis pun ranking blog bakal menurun. Belum lagi kalau agan adalah pengguna WordPress yang mengandalkan hosting.

Bisa saja server malah down, berat atau "bengkak" gara2 menampung banyaknya "tembak-menembak" RSS Feed dengan jumlah yang tinggi.

Sedikit Tambahan dari Saya

Setelah saya Googling, katanya situs Huffington Post yang pemiliknya dikatakan salah satu blogger tersukses di dunia, digosipkan mengambil tindakan Autoblog ini.

Antara percaya nggak percaya, masa blogger profesional apalagi si pemiliknya menggunakan Autoblog ya. Atau mungkin sudah meminta izin terlebih dahulu ya? Bisa jadi. Itu semua juga disesuaikan dengan isi laman Disclaimer juga sih.

Di dalam dunia SEO, Autoblogs ini sudah menjadi topik umum. Oh yaa... Autoblog berbeda dengan Auto Generated Content.

Banyak blogger luar negeri yang berpihak ke kebenaran dan banyak juga yang berpihak ke tindakan Autoblogs. Hmm gimana komentarnya nih?
Loading...

Labels: Blogger, SEO

Thanks for reading Pengertian Autoblog: Auto Copas Artikel Blog Orang lain dengan RSS Feed. Please share this article.
0 Komentar untuk "Pengertian Autoblog: Auto Copas Artikel Blog Orang lain dengan RSS Feed"

Banyak gambar yang error karena situs sedang dimodifikasi. Komentar spam (Link Aktif) tidak akan dipublikasikan, terima kasih.

SEO Kraken Premium Blogger Template