Bahaya: Jangan Pasang Popular Posts Widget di Blog

Bahaya: Jangan Pasang Popular Posts Widget di Blog
Bahaya! Jangan pasang widget Popular Posts di blog baik itu blogspot maupun wordpress.

Ya agan gak salah baca. Posting kali ini tentang pengalaman saya (lagi dan lagi) yang berkaitan dengan dunia blogging.

Posting ini pun berkaitan juga dengan istilah Internal Link, Organic Traffic dan SERPs. Mau lanjut ke inti topik atau memahami istilah itu dulu?

Agar artikel ini mudah dipahami, saya relain deh buang2 waktu alias ngebacot pada pengertian Internal Link, Organic Traffic atau Trafik Organik dan hasil pencarian penelusuran (SERPs).

Baca Juga: Cara Membuat Konten Pilar - Posting Blog Abadi Sejagat

Memahami Internal Link, Organic Traffic & SERPs

Internal Link adalah tautan situs yang masih dalam satu blog. Beberapa widget yang dikategorikan Internal Link adalah Popular Posts, Recent Posts dan tentu saja Related Posts.

Internal Link sendiri bukan hanya di widget, melainkan bisa kita tambahkan sendiri. Caranya? Caranya bisa menyisipkan sebuah link URL pada sebuah kata atau kalimat. Contohnya? Wikipedia tuh, banyak link URL berupa Internal Link yang saling Relevan.

Kalau trafik organik itu artinya sumber pengunjung yang langsung datang dari mesin pencari (Search Engine).

Coba ketik di Google, "Pengertian SEO Friendly" dan lihat posting blog SEOKLR ini yang berjudul, "Arti dan Makna Kata Friendly dari SEO Friendly Blog". Kalau agan ngeklik atau mengunjungi artikel itu, maka blog tersebut mendapatkan satu buah Organic Traffic.

Ingat gan... Semakin tinggi trafik organik maka semakin bagus ranking blog kita di SERPs. Itu juga menjadikan faktor dan penyebab posting kita bisa dengan mudah Page-One dengan berbagai keyword (kata kunci).

Baca Juga: Pengertian Trafik Organik dan Cara Mendapatkan Organic Traffic

SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page. Dalam bahasa Indonesia sendiri artinya Halaman Hasil Pencarian Mesin Pencari.

Ketika seseorang mengetik sebuah kata kunci atau keyword di SE Google (boleh juga Bing, Yahoo atau Yandex) maka semua daftar blog yang muncul itulah yang dinamakan SERP.

Hasil SERPs sendiri tergantung lagi bagaimana kita menerapkan atau menggunakan metode (atau teknik) SEO. Semakin bagus dan tepat teknik SEO yang kita terapkan, semakin mudah muncul di Page-One.

Ok itulah sekolah kita untuk saat ini. Baik. Langsung ke topik utama!

Bahaya: Jangan Pasang Popular Posts Widget di Blog


Apa alasan saya kenapa mengatakan Popular Posts itu bahaya banget kalau dipasangkan di situs web? Yap bahaya karena konten tersebut bisa saja di Copas atau di ketik ulang oleh blogger lain.

Posting terpopuler bisa menjadi paling banyak dibaca karena 2 alasan; pertama karena di share ke sosial media. Kedua karena kekuatan SEO blog dan Organic Traffic.

Ketika salah satu posting blog kita menjadi "Populer", Trending Topic atau Paling Banyak Dibaca, blogger lain tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini.

Baca Juga: Cara Membuat Link NoFollow dan DoFollow

Logikanya ketika sebuah posting menjadi trending di blog kita, itu artinya merupakan paling banyak dibaca.

Paling banyak dibaca kemungkinan terbesar karena SEO. Atau kontennya menarik (tidak pernah di tulis di blog lain).

Otomatis blogger lain bakal melakukan Copas atau Re-write (menulis ulang) posting trending yang ada di blog kita tersebut. Alhasil, dampak dan efeknya Organic Traffic kita menurun karena bertambahnya blog pesaing di SERPs.

Contoh kasusnya adalah saya sendiri.

Salah satu posting yang paling banyak dibaca di blog ini adalah "Cara Menambahkan Kontak di WhatsApp dari Luar Negeri".

Artikel tersebut Page-One.

Masalahnya bertambah saingan pula di SERPs. Saya terkejut dong. Alhasil trafik organik saya menurun sedikit. Sedangkan posting yang sama (yang di tulis di blog pesaing) menjadi Trending Topic di blognya sendiri.

"Wah gawat dong. Semakin menipis nih Organic Traffic," hati saya berkata ^^

Nah maka dari itu, untuk menjaga dan melestarikan Organic Traffic agar tetap tinggi dan tidak punya pesaing, HAPUS POPULAR POSTS di blog sekarang juga!

Baca Juga: Cara Mendapatkan Sitelink dari Google

Tidak ada alasan untuk menghapusnya apabila agan pengen punya banyak sumber pengunjung yang berasal dari trafik organik. Gimana komentarnya nih? Cocok gak sih? Masuk akal, kan?

Labels: Desain Blogger, Tips SEO

Thanks for reading Bahaya: Jangan Pasang Popular Posts Widget di Blog. Please share this article.
5 Komentar untuk "Bahaya: Jangan Pasang Popular Posts Widget di Blog"

xixixixixi, umpetin ah popel post widget nya.

thank ya bro buat saran nya.

salam dari indoor playground | outdoor playground

Pernah baca ulasan serupa. Tapi saya tetap senang tuh, memajang popular post di blog saya, hehe

Wah, bener ya, terimakasih pencerahannya. Saya lihat hampir 90% pembaca tulisan di top 5 saya juga organics, kayanya nggak perlu pasang widget popular ya.

Ulasan serupa dimana? Mungkin itu rewrite tulisan dari sini?

Iya gak perlu, bisa di bilang popular post itu cuma pernak pernik doang di blog. Ngaruhnya gak begitu besar buat pageviews.

Situs sedang dalam masa pengembangan; banyak gambar yang error. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu bertanya. OOT? Siyap!

SEO Kraken Premium Blogger Template