SEO Kraken Premium Blogger Template

Pengertian Template Blogger AMP dan Kelebihannya bagi SEO

Taqabbalallahu Minna wa Minkum. Minna wa Minkum Taqabbalallah. Saya atas nama Arief Ghozaly, Penulis sekaligus Pemilik SEO Killer Tips, Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1349 H. Minal Aidzin wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir & Bathin.
Loading...
Apa itu template blogger AMP Google? Bagaimana cara kerjanya pada Search Engine?

Sudah baca artikel Cara Menulis Artikel di AMP Blogger Templates? Kali ini adalah materi definisi AMP Google dan kelebihannya bagi SEO.

Pada Oktober 2017 lalu, Google merilis layanan terbaru mereka yaitu Accelerated Mobile Pages (AMP).

Google AMP adalah kerangka yang sengaja dibuat guna memudahkan pengaksesan untuk halaman web mobile sehingga bisa memuat tampilan dengan lebih cepat.

AMP pada dasarnya bersifat Open Source; dimana memungkinkan penayang meningkatkan kecepatan loading blog dengan mudah, akan tetapi mengorbankan minimnya tayangan iklan di blog mereka.

Bagaimana Template Blogger AMP Bekerja?


Untuk membuat dan mengembangkan AMP Google, kita membutuhkan 3 bagian dasar yang terdiri dari AMP HTML, AMP JS dan AMP CDN.

  1. AMP HTML: Subset HTML, bahasa markup yang memiliki tag dan properti khusus dan banyak batasannya. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan HTML biasa, seharusnya Anda tidak mengalami kesulitan dalam mengadaptasi halaman yang ada ke AMP HTML. Untuk hal ini, sila merujuk ke Basic Markup AMP HTML Page.
  2. AMP JS: Kerangka JavaScript untuk halaman mobile. Sebagian besar, Script ini akan mengelola dan menangani sumber daya dan pemuatan asinkron; JavaScript dari pihak ketiga tidak diizinkan oleh AMP Google
  3. AMP CDN - Content Delivery Network: mengaktifkan kinerja AMP, menyimpannya dan secara otomatis melakukan beberapa pengoptimalan kinerja

Bagaimana Mengubah Template Biasa menjadi Template Blog valid AMP Google?


Untuk saat ini, saya tidak tahu; akan tetapi, Google AMP menyediakan tutorialnya dengan judul, Creat your AMP HTML Page.

Karena AMP tidak mengizinkan hal-hal seperti elemen formulir dan JavaScript dari pihak ketiga, kemungkinan beberapa fitur tidak akan bekerja dengan semestinya.

Salah satu contohnya adalah komentar Blogger default, karena AMP Google belum mendukung widget tersebut. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan Disqus sebagai solusinya.

Pengertian Template Blogger AMP dan Kelebihannya bagi SEO

Untuk mengalihkan atau membuat template blog biasa menjadi valid AMP HTML, Anda harus mengedit kembali template dari situs Anda untuk mengakomodasi batasan tersebut.

Contohnya adalah semua CSS yang akan divalidasikan ke AMP harus in-line dan kurang dari 50KB.

Karena pemuatan-insentif font kustom, validasi AMP HTML juga harus dipasangkan dengan ekstensi AMP-font khusus agar bisa mengontrol pemuatan; ialah @font-face.

Untuk persoalan gambar dan video, atau Multimedia; Anda harus menggunakan elemen amp-img element dan menyertakan lebar dan tinggi secara eksplisit. Untuk gambar dalam bentuk animasi GIF, Anda harus menggunakan amp-anim extended component.

Seperti cara pemasangan gambar, ada tag khusus yang harus digunakan guna menyematkan video yang dihosting secara lokal melalui HTML5, yang disebut amp-video.

Untuk pemasangan video, tag atau komponen yang perlu ditambahkan ada disini: amp-youtube.

Sedangkan untuk pemasangan tayangan slide melalui amp-carousel dan gambar lightbox, serta penyematan media sosial seperti Twitter, Instagram, Vine, Pinterest dan Facebook, sila gunakan Components / Tags.

Agar semua teknologi mendukung AMP Google dari artikel-artikel yang ada di blog, Anda harus memodifikasi versi asli dari halaman artikel Anda.

Halaman artikel asli tersebut harus menyertakan tag berikut, yang pada dasarnya merupakan tag kanonik untuk halaman AMP:

<link rel="amphtml" href="http://www.example.com/blog-post/amp/">

Untuk mendapatkan manfaat yang benar-benar nyata, Anda juga harus memasang metadata Schema.Org agar konten Anda layak muncul di Google Penelusuran.

Apabila Anda tidak menerapkan Schema.Org dengan benar, percuma Anda memvalidasi artikel-artikel yang ada di blog Anda ke AMP Google.

Untuk hal ini, silahkan menuju Make your page discoverable.

Bagaimana Saya Menghasilkan Uang dengan Iklan di AMP Google?


Setelah tersebarnya program aplikasi yang memblokir penayangan iklan di blog, dan mengingat AMP menyarankan untuk mengurangi tayangan iklan di blog, AMP menyatakan:

A goal of the Accelerated Mobile Pages Project is to ensure effective ad monetization on the mobile web while embracing a user-centric approach. With that context, the objective is to provide support for a comprehensive range of ad formats, ad networks and technologies in Accelerated Mobile Pages.

Akibatnya, AMP Google memaksa jaringan iklan diberbagai belahan dunia untuk menggunakan layanan amp-ad or amp-embed.

  • Amazon A9
  • AdReactor
  • Google AdSense
  • AOL AdTech
  • Google Doubleclick
  • Flite
  • Taboola
  • Adform
  • DotAndAds
  • plista
  • Smart AdServer
  • Yieldmo

Untuk melihat bagaimana tampilan dari tiap-tiap jaringan iklan, telah disediakan di amphtml/ads at master Github.

Apakah AMP Menggunakan Analytics?


Sebenarnya, AMP sangatlah cerdas. Akan tetapi, banyaknya pelacakan analisis yang memperlambat situs, AMP Google menerapkan filosofi, "Measure Once, Report to Many".

Untuk mengaktifkan fungsionalitasi analisis terhadap AMP, ada 2 hal yang bisa Anda lakukan saat ini yaitu The AMP-Pixel Element dan The Amp-Analytics Extended Component.

Kalau cara diatas terasa sulit, Anda bisa melihat bagian AMP Analytics Google di halaman pengembang mereka. Implementasinya memiliki beberapa contoh yang bisa dipilih.

Bagaimana Tampilan Mobile dari AMP Google?


Google secara terang-terangan telah memperlihatkan demo tentang fitur AMP seperti apa di SERPs. Anda bisa mencobanya melalui g.co/ampdemo.

Pengertian Template Blogger AMP dan Kelebihannya bagi SEO

Beberapa situs besar pun ditampilkan seperti The Guardian dan The Washington Post.

Kesimpulan

Sederhananya, AMP menyediakan cara yang relatif mudah untuk meningkatkan kecepatan situs web bagi seluler.

Apabila Anda adalah blogger yang memiliki passion sebagai penulis Online, maka sudah saatnya Anda memikirkan tentang Accelerated Mobile Pages.
Loading...

Labels: SEO

Thanks for reading Pengertian Template Blogger AMP dan Kelebihannya bagi SEO. Please share this article.
0 Komentar untuk "Pengertian Template Blogger AMP dan Kelebihannya bagi SEO"

Banyak gambar yang error karena situs sedang dimodifikasi. Komentar spam (Link Aktif) tidak akan dipublikasikan, terima kasih.

SEO Kraken Premium Blogger Template