Cara Praktis Mengatasi "Crawl Error" di Google Webmaster Tool

Cara Praktis Mengatasi "Crawl Error" di Google Webmaster Tool
Bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki Crawl Error di Google Webmaster Tool?

Berhubung blog ini sedang mengalami pembaharuan yang cukup besar, saya menemukan ada begitu banyak Crawl Error di Google Webmaster.

Penyebabnya karena banyak posting yang ada di dalam blog ini sudah saya hapus.

Nah masalahnya bukan cuma satu yang error, tapi ada 14 buah link URL yang error! Tentunya ini nggak baik buat blog SEOKLR sendiri.

Nggak baik karena semakin banyak Crawl Error yang terdeteksi maka itu memperburuk keadaan ranking artikel lainnya di SERPs. Ranking blog otomatis jatuh. Nggak bagus pokoknya.

Apa penyebab Crawl Error yang terdeteksi di Google Webmaster?


Penyebabnya bisa jadi posting tersebut dihapus di blog kita, tapi kita lupa "Remove URLs" di Google Webmaster Tool sehingga artikel tersebut masih bisa ditemukan di SERPs.

Atau bisa juga terjadi karena posting tersebut sudah dihapus, dan sudah dilakukan "Remove URLs"; akan tetapi link URL dari posting yang sudah dihapus tersebut masih tertanam sebagai Anchor Text / Hypertext di salah satu artikel yang ada di dalam blog.

Cara Praktis Mengatasi "Crawl Error" di Google Webmaster Tool


Setidaknya ada 2 cara berbeda yang kita lakukan, tapi tujuannya tetap satu yakni menghapus link URL tersebut di Google Webmaster Tool!

Istilah ini dikenal dengan tindakan "Remove URLs".

  1. Masuk ke Google Webmaster Tool
  2. Tap salah satu link URL yang ditemukan telah Error
  3. Muncul notifikasi "Not Found"

Lihat gambar dibawah ini:

Cara Praktis Mengatasi "Crawl Error" di Google Webmaster Tool

Pada gambar diatas adalah 14 buah link URL yang error dan terdeteksi dibagian menu "Crawl Error" pada Google Webmaster Tools.

Cara memperbaiknya ialah dengan meng-klik (tap) salah satu link yang error. Contohnya?

http://tipsseokiller.blogspot.co.id/2016/06/pengertian-seo.html

Posting dari link URL memang sudah saya hapus, tapi masih terdeteksi error. Padahal faktanya sudah saya daftarkan ke "Remove URLs" (bisa dikatakan ini cara pertama, ada di Google Index - Remove URLs).

Ternyata... Link URL tersebut masih tertanam di beberapa artikel yang ada di dalam blog ini, lebih tepatnya saya fungsikan sebagai Internal Link.

Silahkan tap "Linked From" segera!

Cara Praktis Mengatasi "Crawl Error" di Google Webmaster Tool

Nah pada laman "Linked From" diterangkan bahwa posting yang sudah terhapus tersebut terdeteksi error karena linknya masih tertanam di posting lain. Nah ketika di klik, seolah-olah mau dibaca oleh pembaca, malah tidak ada! Makanya muncul dan terdeteksi error.

Cara mengatasinya ialah dengan mengedit kembali posting tersebut! Hapus link URL yang error tadi! Clear, Ok masalahnya sudah selesai. Fix.

Cukup mudah kan mengatasi Crawl Error di Google Webmaster Tool? Ok semoga berguna.*

Labels: Tips SEO

Thanks for reading Cara Praktis Mengatasi "Crawl Error" di Google Webmaster Tool. Please share this article.
0 Komentar untuk "Cara Praktis Mengatasi "Crawl Error" di Google Webmaster Tool"

Situs sedang dalam masa pengembangan; banyak gambar yang error. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu bertanya. OOT? Siyap!

SEO Kraken Premium Blogger Template