Cara Menghapus widget Komentar bawaan Blogger secara Permanen

Cara Menghapus widget Komentar bawaan Blogger secara Permanen
Salah satu alasan kenapa orang ingin menghapus widget komentar asli bawaan blogger adalah ingin menggantinya dengan widget komentar Disqus.

Ya memang Disqus lebih baik ketimbang komentar bawaan asli blogspot, karena dengan menggunakan Disqus, para pembaca bisa mengomentari sebuah artikel lebih leluasa.

Mereka bisa Login dengan akun sosial medianya, tidak serta merta dengan akun Google Plus. Disinilah menangnya komentar Disqus.

Namun sulitnya menggunakan Disqus menurut saya adalah kita harus mengecek setiap komentar yang masuk melalui laman resmi Disqus.

Lagi pula, komentar spam bisa sembarangan masuk tanpa dimoderasi lebih lanjut oleh kita. Hanya saja kita bisa memblokir kata-kata yang menurut kita tidak pantas. Saya rasa pun itu belum cukup dan masih rentan masuknya komentar spam.

Tapi apa pun alasannya, yang penting Disqus kan? Ok dibawah ini adalah tutorial menghapus widget komentar blogger bawaan default. Untungnya, ini dilakukan secara permanen.

Cara Menghapus widget Komentar bawaan Blogger


Seperti biasa, Login to Blogger. Langsung masuk ke Template dan cari semua kode dibawah ini:

<b:includable id='comment-form' var='post'>...</b:includable>
<b:includable id='commentDeleteIcon' var='comment'>...</b:includable>
<b:includable id='comment_count_picker' var='post'>...</b:includable>
<b:includable id='comment_picker' var='post'>...</b:includable>
<b:includable id='threaded-comment-form' var='post'>...</b:includable>
<b:includable id='threaded_comment_js' var='post'>...</b:includable>
<b:includable id='threaded_comments' var='post'>...</b:includable>

Setiap daftar atau list dari kode-kode diatas punya kepanjangannya lagi, artinya tanda 3 titik tersebut merupakan kode yang disingkat. Kalau di klik, pasti menampilkan kode yang panjang.

Kalau agan menemukan kode yang cukup panjang, ciutkan saja menjadi singkat seperti kode yang saya tampilkan diatas. Atau langsung eksekusi saja di tempat :)

Hapus semua kode tersebut, semua kode yang terpasang di dalam template blogger agan sesuai kode-kode yang saya sertakan diatas. Selanjutnya ya simpan perubahan template.

Nggak ada error sama sekali kok, hanya saja komentar blogger bakal menghilang selamanya.

Oh ya... sebelum benar-benar menghapusnya, pastikan agan impor dulu semua komentar yang ada di widget blogger comments ke Disqus. Baru deh menghapus widget komentar bawaan asli bloggernya. Gudlak.*

Labels: Desain Blogger

Thanks for reading Cara Menghapus widget Komentar bawaan Blogger secara Permanen. Please share this article.
0 Komentar untuk "Cara Menghapus widget Komentar bawaan Blogger secara Permanen"

Situs sedang dalam masa pengembangan; banyak gambar yang error. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu bertanya. OOT? Siyap!

SEO Kraken Premium Blogger Template