2 Alasan Kenapa Jangan Pasang UC Browser di Android dan iPhone

Apa alasan, mengapa dan kenapa jangan pasang aplikasi UC Browser di mobile Android dan iPhone?

Selain fiturnya yang memblokir iklan, pemasangan atau instalasi UC Browser yang Anda lakukan di smartphone Anda juga turut merugikan blogger di seluruh dunia.

Pada hakikatnya, UC Browser dibuat, diciptakan dan dikembangkan untuk memblokir iklan yang muncul di sebuah situs.

Pertanyaannya, apakah itu bagus? Ya, bagus buat Anda sebagai seorang pembaca, karena iklan tidak mengganggu tampilan pada layar smartphone Anda, apalagi Fast Loading. Iya, kan?

Namun, tahukah Anda bahwa itu merugikan banyak pihak; terutama kami sebagai seorang blogger, yang mencari uang melalui internet?

2 Alasan Kenapa Jangan Pasang UC Browser di Android dan iPhone

Mungkin Anda tidak peduli, tapi kami sangat memperdulikan masalah ini. Beberapa bukti yang bisa saya lampirkan ialah:


Kedua hal diatas sudah diterapkan di hampir semua blog yang Anda temukan di Google. Mengapa? Sebab, itu merugikan blogger, penulis Online!

Macam-Macam Iklan di Web Blog, Situs atau Website


Saya ingin menekankan dan menginformasikan bahwa tiap-tiap situs menggunakan unit tayangan iklan yang berbeda-beda.

Ada yang hanya bergambar biasa, ada yang berupa video, ada unit iklan yang melayang, ada yang berukuran besar dan kecil; dan.... ada juga iklan tersembunyi, yang kalau di klik pada halaman situsnya, pasti kita diarahkan ke New Tab.

Iklan tersembunyi yang saya maksud tersebut adalah jenis iklan Pop Ads; iklan tersembunyi, kalau di klik, pasti open new tab.

Percaya atau tidak, Anda boleh membuka blog ini dengan menggunakan program browsing seperti Google Chrome. Silahkan klik kesana kemari (bukan iklan iklan), pasti tidak ada iklan berupa Pop Ads.

Mengapa? Karena ini blog bersih, blog alami, bukan blog jorok.

Nah, kalau Anda mengunjungi situs-situs jorok seperti bertemakan Ikeh-Ikeh-Kimochi, Sora Aoi, atau apalah gitu, pasti unit iklan tayangannya seperti Pop Ads.

Coba kalau Anda kunjungi situs seperti teknologi yang notabene membahas seputar teknologi (topiknya positif), iklannya biasa-biasa saja.

2 Alasan Kenapa Jangan Pasang UC Browser di Android dan iPhone


1. Program Aplikasi Paling Dibenci oleh Seluruh Blogger di Dunia


Diatas adalah sedikit problema yang kami hadapi sebagai seorang blogger; dan faktanya, UC Browser adalah program aplikasi yang paling dibenci oleh seluruh kalangan blogger yang ada di seluruh dunia.

Capek-capek nulis artikel, dengan niat mencari uang melalui internet, lapangan kerja sudah sempit, eh iklan blog malah di blokir oleh UC Browser.

Sejujur-jujurnya, dari lubuk hati yang paling dalam, kami sangat mendukung apabila pemerintah menghapus UC Browser dari Indonesia.

Selain mendukung profesi blogger, setidaknya menjadi seorang blogger bisa mengurangi angka pengangguran.

2. Program Aplikasi yang tidak Aman bagi User Smartphone


Apapun smartphone yang Anda gunakan, entah itu iPhone atau pun Android, menggunakan UC Browser tentunya berbahaya bagi smarphone Anda.

Tahukah Anda bahwa UC Browser melakukan Tracking Data pada penggunanya?

Tracking user search queries are sent without encryption to Yahoo India and Google, IMEI number, Android ID, and WIFI Mac Address are sent without encryption to Umeng (an Alibaba analytics tool), and users' geolocation data (including longitude / latitude and street name) is transmitted without encryption to AMP (an Alibaba mapping tool).

Artinya:

Melacak kueri penelusuran pengguna dikirim tanpa enkripsi ke Yahoo India dan Google, Nomor IMEI, ID Android, dan alamat MAC Wi-Fi dikirim tanpa enkripsi ke Umeng (alat analisis Alibaba), dan data geolokasi pengguna (termasuk bujur / lintang dan nama jalan) ditransmisikan tanpa enkripsi ke AMP (alat pemetaan Alibaba).

Nah, sudah paham? Belum? Begini...

Mereka akan melacak setiap pencarian yang kita lakukan, nomor IMEI dari device yang kita miliki, ID Android, dan alamat fisik Wi-Fi, geolokasi terhadap longitude, latiude, dan nama jalan.

Semua hal itu dilacak tanpa di enkripsi, dengan artian tidak aman sama sekali, sangat berbahaya. Pengiriman dilakukan ke Umeng, nama tool analisa yang dimiliki oleh Alibaba.

Pernah mendapatkan peringatan, Your Opera Mini is heavily damaged by (5) viruses! atau Awas! Android anda terdeteksi virus, segera perbaiki! Guys?

2 Alasan Kenapa Jangan Pasang UC Browser di Android dan iPhone

Hal-hal diatas dikenal dengan istilah kampanye hitam atau Black Campaign; tindakan terselubung demi menguntungkan pihak sendiri tanpa memikirkan orang lain.

Selain UC Browser, yang saya tahu selain UCB adalah DU Saver Battery. So, hati-hati.

Program Aplikasi Alternatif selain UC Browser


Diantara semua program aplikasi yang bisa saya sarankan, alternatif selain UC Browser ialah Google Chrome; atau Anda bisa menggunakan Mozilla Firefox.

Kalau secara pribadi, saya lebih memilih menggunakan Google Chrome. Karena saya pengguna iPhone, tentu saja, Safari dong... :)

Kalau Anda masih tidak percaya, silahkan masuk ke referensi dari artikel ini, URL-nya ada dibawah ini:

https://www.makeuseof.com/tag/do-not-install-10-popular-android-apps/
https://blogs.opera.com/news/2016/03/malicious-insecure-ads-linking-uc-browser-downloads/


Itulah alasan kenapa atau mengapa jangan install program aplikasi UC Browser di smartphone Anda, baik itu di iPhone dan juga Android. Semoga berguna.

Labels: Blogger

Thanks for reading 2 Alasan Kenapa Jangan Pasang UC Browser di Android dan iPhone. Please share this article.
2 Komentar untuk "2 Alasan Kenapa Jangan Pasang UC Browser di Android dan iPhone"

Saya bukan blogger dan belum pernah menggunakan UCB, tp setuju bahwa UCB memang sangat mengganggu dan terlihat spt memaksa untuk minta di install

Begitulah dunia internet gan, lumayan kotor, -- termasuk pemasaran online yang dilakukannya.

Situs sedang dalam masa pengembangan; banyak gambar yang error. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu bertanya. OOT? Siyap!

SEO Kraken Premium Blogger Template