SEO Kraken Premium Blogger Template

Perbedaan Posting Key, Active Key, Owner Key dan Memo Key di Steemit

Taqabbalallahu Minna wa Minkum. Minna wa Minkum Taqabbalallah. Saya atas nama Arief Ghozaly, Penulis sekaligus Pemilik SEO Killer Tips, Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1349 H. Minal Aidzin wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir & Bathin.
Loading...
Penjelasan Lengkap terkait Posting Key, Active Key, Owner Key dan Memo Key di Steemit

Steemit adalah sosial media yang bergerak pada sistem Blockchain; hampir mirip seperti BitCoin dan Ethereum.

Peran utama Steemit ialah Transparansi, Desentralisasi, dan mempunyai nilai tukar Cryptocurrency.

Kalau dipikir-pikir, Steemit ini hampir seperti Facebook dan Kaskus. Membuat atau menulis sebuah Content, lalu mempublikasikan artikel yang kita buat ke Steemit, dan pada akhirnya kita mendapatkan pemasukan dalam bentuk uang.

Apalagi Steemit juga sudah punya fitur terbaru yaitu Busy. Tampilan situs web Busy hampir mirip seperti Facebook, apalagi Steemit sudah mengembangkan bisnisnya ke Video Content selayaknya YouTube.

Beberapa informasi lebih lanjut yang layak untuk Anda baca adalah berikut:


Seperti yang kita tahu, Steemit punya banyak password dalam satu akun. Password atau akun sandi berfungsi, bertujuan dan bertugas berdasarkan perannya masing-masing.

Ada yang dinamakan password Posting Key, Active Key, Owner Key, dan Memo Key.

Mungkin selama ini Anda hanya bermain-main Steemit tanpa memperdulikan 4 macam kata sandi di Steemit ini.

Namun, sebagai seorang Steemians, Anda harus mengetahui pengertian dan perbedaannya beserta tugasnya masing-masing.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Gan... Steemit punya 4 password akun yang berbeda-beda.

Pada faktanya sih, satu buah akun Steemit itu terdiri 5 password; ditambah satu jenis kata sandi lagi yang disebut dengan Master Key.

Pihak pembuat dan pengembang Steemit mengatakan, "Yang paling diantara semua password itu adalah Master Key pada akun Steemit Anda."

Apa itu Master Key? Pengertian Master Key


Master Key adalah password utama dari akun Steemit yang Anda miliki. Master Key ini adalah password yang pertama kali Anda dapatkan ketika mendaftarkan atau membuat Steemit Account.

Apabila kita lupa atau kehilangan Master Key, dipastikan kita tidak akan bisa lagi mengakses akun Steemit tersebut.

Mengapa demikian? Seperti halnya dengan kata-kata sandi lainnya, kata sandi di Steemit berisi banyak kata atau huruf secara acak, ditambah huruf besar dan kecil, dan adanya angka (numberik).

Makanya, sangat sulit untuk mengingat, apalagi dihafal.

Perbedaan Posting Key, Active Key, Owner Key dan Memo Key di Steemit

Kalau pun ingin mengubah password Master Key, pasti password terbaru yang Anda dapatkan hasilnya mirip banget, terdiri dari 40-50 kata atau huruf yang berbeda, huruf besar dan kecil, dan adanya angka secara acak.

Pastikan untuk selalu menjaga password Master Key karena sifatnya bisa mengakses ke semua kata sandi Akun, dan bisa jadi semua token Anda akan hilang.

Perbedaan Posting Key, Active Key, Owner Key dan Memo Key di Steemit


Cara mengakses, mengecek atau melihat password Posting Key, Active Key, Owner Key dan Memo Key di Steemit:

  1. Login to Steemit
  2. Isi Username dan password Master Key
  3. Tap tombol Wallet
  4. Pada sub-menu pilihan, pilih Permissions

Kurang lebih, tampilannya seperti pada gambar dibawah ini:

Perbedaan Posting Key, Active Key, Owner Key dan Memo Key di Steemit

1. Apa itu Posting Key?


Posting Key adalah kata kunci yang memungkinkan Anda untuk membuat artikel (posting), memberikan voting dan komentar. Posting Key juga merupakan password dasar dari akun Steemit Anda (Nb: Password utamanya adalah Master Key).

Pada dasarnya, hak akses dari Posting Key sangat terbatas, dan harus dalam keadaan Active. Selain itu, tugas Posting Key ialah dapat digunakan untuk kepentingan lainnya.

Kepentingan seperti apa? Seperti misalnya Broadcast, login ke Dtube, masuk ke StepShot, dan lainnya. Singkatnya, Posting Key tidak ada kaitan dengan transfer dana, baik mengirim atau pun diterima.

Apakah password dari Posting Key aman untuk dibagikan ke orang lain? Saya tidak tahu karena Steemit tidak memberikan informasi lebih lanjut terkait masalah ini.

Karena tidak ada penjelasan lebih lanjut terkait kata sandi jenis Posting Key, mungkin alangkah baiknya apabila Anda tetap menjaga kerahasiaan dan keamanan dari Posting Key ini.

2. Apa itu Active Key?


Active Key adalah kata kunci aktif yang memungkinkan Anda untuk melakukan hal-hal yang bersifat sensitif seperti transfer dana, baik mengirim atau menerima; atau meningkatkan maupun menurunkan transaksi, mengubah Steem Dollars, memberikan vote, memperbaharui rincian profil dan avatar, dan/atau transaksi dari akun Wallet.

Selain itu, Active Key juga bertugas untuk mengkaitkan/menghubungkan satu akun Steemit dengan akun lainnya, seperti Busy atau Dtube yang masih dalam satu ruang lingkup dengan Steemit.

Selalu ingat bahwa Active Key tidak ada kaitannya dengan Master Key; dan selalu ingat pula, Master Key adalah kata sandi yang harus selalu Anda jaga.

Singkatnya, Active Key adalah kata sandi yang bertujuan dan bermanfaat untuk melakukan transaksi dari akun Wallet (dompet) Anda, seperti login ke SteemConnect (pihak ketiga, Busy atau Dtube), transaksi di SteemConnect, atau penyedia lainnya.

Perbedaan Posting Key, Active Key, Owner Key dan Memo Key di Steemit

Oh iya, Active Key juga bisa digunakan untuk memberikan vote/voting, membuat artikel atau lainnya, seperti halnya Posting Key (nomor 1 diatas).

3. Apa itu Owner Key?


Owner Key adalah kata sandi yang digunakan apabila diperlukan. Ingat, guys... kata kunci ini adalah kata kunci yang paling kuat karena bisa mengubah kunci akun apa pun, termasuk kata kunci pemiliknya.

Steemit menjelaskan bahwa Owner Key sebaiknya di simpan secara Offline, baik itu di Draft Email, Notepad, atau ditempat rahasia lainnya.

4. Apa itu Memo Key?


Untuk saat ini Memo Key tidak digunakan; dan tidak ada informasi lebih lanjut terkait jenis password ini di Steemit.

Kesimpulan


Setelah Anda mengerti dan betul-betul paham terkait penjelasan lengkap tentang pengertian dan perbedaan Posting Key, Active Key, Owner Key dan Memo Key di Steemit, kesimpulannya adalah tetap menjaga seluruh password Anda.

Steemit tidak akan pernah mau, dan juga tidak akan pernah bisa me-recovery setiap password yang hilang, atau akun Steemit yang di hack oleh orang lain.

Jika akun Steemit Anda hilang, maka Anda tidak akan bisa lagi mengakses ke akun Steemit yang Anda punya untuk selama-lamanya. Akun Steemit yang hilang atau lupa password tidak akan pernah diperbaiki dan dikembalikan seperti semula.
Loading...

Labels: Steemit

Thanks for reading Perbedaan Posting Key, Active Key, Owner Key dan Memo Key di Steemit. Please share this article.
0 Komentar untuk "Perbedaan Posting Key, Active Key, Owner Key dan Memo Key di Steemit"

Banyak gambar yang error karena situs sedang dimodifikasi. Komentar spam (Link Aktif) tidak akan dipublikasikan, terima kasih.

SEO Kraken Premium Blogger Template