4 Hal yang Harus Dilakukan setelah Membuat Blog Baru

Apa-Apa saja Hal yang Harus Dilakukan setelah Membuat Blog Baru di Blogspot?

Sobat adalah blogger pemula?

Wajar apabila sobat "bertanya" demikian di halaman Google. Dan beruntung juga sobat mau membaca artikel ini.

Melalui artikel ini, saya akan memberitahukan beberapa hal yang harus dilakukan oleh blogger pemula setelah membuat blog baru. Dimulai dari penentuan topik, pemilihan template blogger, hingga hal-hal yang berbau Custom Domain!

4 Hal yang Harus Dilakukan setelah Membuat Blog Baru


4 Hal yang Harus Dilakukan setelah Membuat Blog Baru

1. Menentukan Topik Postingan


Seperti apa topik blog atau tema artikel nantinya? Mau buka toko online? Catatan harian yang isinya curhat? Atau yang lebih spesifik, tentang komputer misalnya?

Apa pun topik atau isi blognya, dan apabila tujuannya untuk masa jangka panjang, selalu perhatikan topik.

Topik merupakan faktor apakah suatu blog akan terus berjalan atau berhenti di tengah jalan. Mengapa? Sebab topik berhubungan langsung dengan passion blogger.

Caranya? Dengan mengenal passion diri sendiri. Ayo kenali passion blogging!

2. Memilih dan Menentukan Blogger Theme


Di dunia blogger, sobat akan diperkenalkan dengan istilah template, tema atau theme. Theme adalah kumpulan kode yang terdiri dari HTML, CSS dan JavaScript.

Theme ini akan menampilkan bagaimana tampilan blog sobat ketika di buka oleh sobat sendiri maupun para pengunjung/pembaca.

Untuk mendapatkan tema blogger gratis, silakan cari di Google.

Jika ingin menggunakan template blogger berkelas dan bernilai tinggi, beli template blog versi berbayar. SEO Kraken Blogger Theme, misalnya :)

3. Mendaftarkan Blog ke Mesin Pencari


Setelah membuat situs baru, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mendaftarkan blog atau situs ke mesin pencari Google, Bing, dan Yandex.

Tujuannya agar blog dan artikelnya dikenal, dibaca dan ditelusuri oleh robot-robot mesin pencari.

Dengan ter-indeksnya suatu blog maupun artikelnya, maka orang-orang akan menemukan artikel sobat di halaman mesin pencari.

Tentu dong, selain mencurahkan isi hati melalui tulisan, tulisan yang di baca banyak orang pun juga merupakan impian setiap blogger, kan?

Kalau masalah ini, artikelnya sudah saya siapkan. Sila di simak baik-baik: Cara Daftar Blog ke Google, Bing, dan Yandex.

4. Promosikan Blog dan Tulisan


Mempromosikan blog maupun tulisan sehingga bisa di baca banyak orang, bisa dilakukan dengan beragam cara. Membagikan konten ke Facebook, misalnya.

Namun, pada tahap ini, sebenarnya sobat harus belajar strategi SEO.

SEO adalah serangkaian strategi terhadap blog dan artikel untuk mendapatkan peringkat yang bagus di halaman pertama Google.

Karena sobat adalah blogger pemula, langkah paling tepat menurut saya di sini adalah melakukan promosi konten melalui aplikasi sosial media; contohnya seperti Facebook, WhatsApp, Twitter & BBM.

Custom Domain (Top Level Domain)


Blogger senior menyebutnya dengan istilah "Custom Domain"; bahasa resminya adalah Top Level Domain (TLD).

Custom Domain adalah modifikasi alamat domain gratis ke domain versi berbayar, -- dari yang awalnya Blogspot.Com atau WordPress.com dialihkan ke .com, .net, .org, .id, .co.id, dan masih banyak lagi.

Dengan melakukan Custom Domain, maka akhiran "Blogspot.Com" di alamat blog akan menghilang.

Oh iya, Custom Domain itu biaya sewanya per tahun, harganya sendiri kurang lebih Rp 150,000. Rumahweb, Niaga Hoster, dan Jagoan Hosting adalah beberapa penyedia Domain dan Hosting di Indonesia.

Custom Domain sendiri merupakan langkah serius, terutama mereka yang menjalankan Toko Online.

Toko Online yang baik, terpercaya dan berkualitas adalah Toko Online yang alamat domainnya telah ditingkatkan ke Top Level Domain (TLD).

Kalau suatu situs yang difungsikan sebagai Toko Online ternyata domainnya masih gratis, biasanya para pengunjung langsung berasumsi bahwa blog sobat adalah blog penipu. Jadi, pikirkan secara matang.

Jadi itulah beberapa hal yang harus dilakukan setelah membuat blog/situs baru di blogspot (Blogger). Ok semoga berguna.*

Labels: Blogger, Tips Blogging

Thanks for reading 4 Hal yang Harus Dilakukan setelah Membuat Blog Baru. Please share this article.
0 Komentar untuk "4 Hal yang Harus Dilakukan setelah Membuat Blog Baru"

Situs sedang dalam masa pengembangan; banyak gambar yang error. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu bertanya. OOT? Siyap!

SEO Kraken Premium Blogger Template