SEO Kraken Premium Blogger Template

Cara Jitu Mencegah dan Mengatasi Bomb Click Iklan Google AdSense

Taqabbalallahu Minna wa Minkum. Minna wa Minkum Taqabbalallah. Saya atas nama Arief Ghozaly, Penulis sekaligus Pemilik SEO Killer Tips, Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1349 H. Minal Aidzin wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir & Bathin.
Loading...
Tutorial: Cara Mencegah, Mengatasi, dan Menghindari Bom Klik Google AdSense - Aktivitas Klik tidak Valid (Sah)

Sebagai seorang blogger, sudah sewajarnya bagi kita untuk mau dan/atau bisa bergabung dengan berbagai Komunitas atau Forum Blogger guna meningkatkan ilmu dan pengetahuan Blogging yang dimiliki.

Yang menjadi masalahnya, ketika salah seorang blogger ingin situs webnya di review oleh member-member lainnya; malah dijadikan sasaran empuk untuk di Jingling. Yang sangat disayangkan, adanya serangan Bomb Click pada iklan Google AdSense milik blogger tersebut.

Tahukah sobat bahwa pada faktanya... aktifitas bom klik pada iklan Google AdSense itu sangat berbahaya bagi kelangsungan dari akun tersebut?

Bisa jadi, resikonya ialah akun Google AdSense milik blogger tersebut ditangguhkan (Suspend) atau di hapus secara permanen (Banned) oleh Google secara pihak.

Cara Jitu Mencegah dan Mengatasi Bomb Click Iklan Google AdSense

Berawal dari masalah itulah, di bawah ini SEO Killer Tips ingin mengulas beberapa fakta tentang Google AdSense yang berkaitan erat dengan Aktivitas tidak Valid, Kegiatan yang Tidak Sah, dan Bagaimana Cara Kita Mencegah Aktivitas tidak Valid.

Invalid Activity Google AdSense bukan Hanya tentang Klik Iklan Sendiri


Sebagaimana artikel yang diterbitkan pada laman resmi Google dengan judul Aktivitas tidak Valid, diterangkan bahwa tentang aktifitas tidak valid mencakup namun tidak terbatas:

  • Klik atau tayangan yang dihasilkan oleh penayang yang mengeklik sendiri iklan aktif mereka
  • Tayangan atau klik iklan berulang dari satu pengguna atau lebih
  • Penayang yang menganjurkan agar mengeklik iklan mereka (contohnya dapat mencakup: kata-kata apa pun yang mendorong pengguna untuk mengeklik iklan; penerapan iklan yang dapat meningkatkan volume klik tidak sengaja; dsb.)
  • Alat klik atau sumber lalu lintas otomatis, robot, atau perangkat lunak lain yang menipu

Pada laman yang dimaksud pula, dijelaskan apabila terlihat atau ditemukannya tentang tingginya aktivitas tidak valid pada akun yang dimaksud, Google dapat menangguhkan (Suspend) atau menonaktifkan akun tersebut (Banned).

Google juga menjelaskan secara DETAIL bahwa mereka TAHU kalau ada tindakan-tindakan dari pihak ketiga yang ingin merugikan kita sebagai publisher Google AdSense. Contohnya? Jingling, atau bom klik pada iklan Google AdSense.

Kami memahami mungkin ada pihak ketiga yang melakukan aktivitas tidak valid di iklan tanpa sepengetahuan atau izin Anda. Namun, pada akhirnya, Andalah sebagai penayang yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa aktivitas di iklan Anda valid.

Baca kutipan di atas. Sangat jelas, kan? Apapun dan bagaimana pun situasi dan kondisi yang sobat hadapi saat ini, semua itu akan dikembalikan kepada si pemilik akun tersebut.

Contohnya, sobat mengunjungi situs web Kaskus. Lalu melakukan Bomb Click pada iklan-iklan Google AdSense yang ada di situs web tersebut. Percaya atau tidak, akun Google AdSense pada situs web Kaskus sah-sah saja di Banned oleh Google.

Praktisnya, semua situasi dan/atau kondisi yang terjadi pada saat itu, akan dikembalikan kepada pihak penayang (publisher).

Cara Google Mencegah Kegiatan tidak SAH pada Google AdSense


Meski pun melalui tulisan di atas, dapat disimpulkan seolah-olah Google tidak mau tahu dengan apa yang terjadi; faktanya, sebenarnya Google sangat peduli dengan publisher Google AdSense.

Buktinya, mereka terus mengembangkan teknologi eksklusifnya yang mampu menganalisis klik dan tayangan untuk menentukan, melihat, dan mengecek apakah semua kegiatan yang terjadi adanya kecurangan atau terjadi secara benar-benar alami.

Selain itu, Google juga memiliki tim khusus yang bertugas mendeteksi kegiatan tidak valid dengan cara menggunakan beberapa alat khusus dan beragam teknik berdasarkan pengalaman luas dalam melacak dan memantau perilaku pengguna dan menganalisis skenario.

Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut tentang masalah ini, silakan cek artikelnya langsung disini: Kegiatan yang Tidak Sah - Cara Google Mencegah Kegiatan tidak Sah.

Cara Jitu Mencegah dan Mengatasi Bomb Click Iklan Google AdSense


Pada tulisan-tulisan diatas, sudah dijelaskan kalau Google menggunakan metode otomatis (sistem) dan manual (human, manusia) untuk menyingkirkan klik tidak valid.

Meski pun begitu, berdasarkan ketentuan dan kebijakan Google AdSense yang pernah kita baca; kita juga harus tetap mematuhi beberapa larangan di bawah ini, yang mencakup berbagai hal seperti:

  • Tidak boleh klik iklan di situs web sendiri; apapun alasannya dan bagaimana pun caranya; baik disengaja maupun tidak di sengaja
  • Mempelajari dan memahami lalu lintas iklan dengan cara menggunakan dan/atau memanfaatkan Google Analytics dan menerapkan SDK Google Analytics (untuk aplikasi)
  • Jangan menampilkan unit atau tayangan iklan dari pihak penayang (Advertiser) berkualitas rendah -- tidak cocok dengan Google AdSense

Ketiga poin diatas, sebenarnya juga bisa dikategorikan tentang cara mengatasi atau menghindari agar akun Google AdSense tidak di Suspend atau di Banned oleh Google.

Ingat... penggunaan kata istilah atau penerapan teknik BOM KLIK (bahasa inggris: Bomb Click) dikategorikan aktivitas tidak valid oleh Google.

Ada satu lagi tutorial cara agar akun Google AdSense tidak di Banned karena Bomb Click, yakni dengan cara melaporkan bom klik ke Google AdSense secara resmi.

Cara Melaporkan Bom Klik Google AdSense ke Google


Untuk menggunakan tutorial di bawah ini, pastikan bahwa situs web sobat memang benar-benar ditemukan adanya aktivitas tidak valid pada akun Google AdSense sobat.

Contoh kasus aktivititas tidak valid lainnya, semisal RKT atau CTR yang meningkat tajam dari 0,30% meningkat drastis mencapai 8% yang dibandingkan pada hari kemarin dengan hari ini.

  • LOGIN atau Masuk ke akun Google AdSense milik sobat
  • Masuk ke halaman Formulir Kontak Tidak Valid - Bantuan AdSense
  • Silakan isi data-data pada formulir yang dilampirkan
  • Lalu tekan tombol SUBMIT berwarna biru pada laman Support Google tersebut

Untuk mengisi formulir ini harap disesuaikan 100% dengan apa yang terlampir pada akun Google AdSense sobat. Jangan sampai salah mengisi data-data yang sudah ada; baik di Dashboard Google AdSense maupun Google Analytics. Cek gambarnya di bawah ini:


Kenapa Aktivitas tidak Valid harus Dilaporkan?


Pada dasarnya, sistem Google akan bekerja menganalisis dan mendeteksi adanya aktivitas tidak valid; kemudian manusia akan memeriksanya untuk memastikan apakah itu benar atau tidak.

Jika terjadi aktivitas tidak valid akan tetapi tidak sobat laporkan, pihak Google secara pribadi berhak menangguhkan (Suspend) atau menghapus (Banned) akun Google AdSense sobat pada saat itu juga.

Untuk mengakali ini, silakan praktekkan kiat-kiat dibawah ini:

  • Jangan share artikel ke komunitas atau forum blogger (biasanya terjadi di Facebook)
  • Jika sudah terkena sekali, baik Jingling atau pun Bomb Click -- segera tinggalkan komunitas tersebut
  • Sering-sering mengecek Dashboard Google AdSense milik sobat setiap harinya

Nah itu dia langkah-langkah bagaimana cara mencegah dan mengatasi bom klik iklan Google AdSense; serta cara melaporkan bom klik Google AdSense ke Google dengan benar. Ok semoga berguna.*
Loading...

Labels: Google AdSense, Tips Blogging

Thanks for reading Cara Jitu Mencegah dan Mengatasi Bomb Click Iklan Google AdSense. Please share this article.
1 Komentar untuk "Cara Jitu Mencegah dan Mengatasi Bomb Click Iklan Google AdSense"

Ok gan makasih infonya

Banyak gambar yang error karena situs sedang dimodifikasi. Komentar spam (Link Aktif) tidak akan dipublikasikan, terima kasih.

SEO Kraken Premium Blogger Template