Pilih KOD, EMD & KRD atau "Brandable Domain" untuk Nama Domain Blog?

JIKA Anda disuruh memilih dan menentukan nama domain blog yang baik dan benar serta berkualitas tinggi, pilih KOD, EMD & KRD atau Brandable Domain untuk nama domain blog?

Bagi beberapa blogger yang sudah paham istilah-istilah diatas, tentu akan memilih "brandable domain" dibandingkan KOD, EMD & KRD...

...sedangkan bagi blogger pemula, mungkin akan bertanya-tanya maksud dari pertanyaan diatas karena masih belum mengerti dari ketiga istilah diatas.

Pilih Mana? KOD, EMD & KRD atau "Brandable Domain" untuk Nama Domain Blog?

Sebenarnya, ketiga istilah diatas dan brandable domain itu apa sih?

#1. Pengertian KOD, EMD & KRD

Sebenarnya, penjelasan dari pengertian KOD, EMD & KRD memiliki satu arti dan makna, yakni memasukkan kata kunci (keyword) yang disesuaikan dengan topik blog pada nama domain blog.

  • KOD - Keyword On Domain
  • KRD - Keyword Rich Domain
  • EMD - Exact-Match Domain

Misalnya saja blog saya ini, memasukkan kata "tips", "seo" dan "killer" di nama domain, dimana ketiga kata tersebut berhubungan langsung dengan topik blog yang digunakan oleh blog ini.

#2. Pengertian Brandable Domain

Brandable Domain (Brand Domain) adalah suatu nama, simbol atau merek yang digunakan pada nama domain blog yang bertujuan untuk menciptkan sebuah brand website. Misalnya, Malesbangetdotcom (MBDC).

Jadi, itulah perbedaan KOD dll dengan Brandable Domain. Sekarang, masuk ke sesi pertanyaan, pilih mana, membuat nama domain blog dengan cara menerapkan teknik KOD, EMD & KRD atau lebih memprioritaskan "brandable domain"?

KOD, EMD & KRD Vs Brandable Domain


Jika sudah mengerti dengan beberapa istilah diatas, maka jawabannya adalah "brandable domain". Apa alasan memilih brandable domain untuk nama domain blog?

Salah satu alasan yang bisa dijelaskan disini adalah faktanya bahwa KOD itu tidak mempengaruhi SEO onpage Google itu sendiri. Jika pun iya, maka efeknya tidak begitu berpengaruh.

Brandable Domain Identik dengan Brand & Trademark

Dengan menjatuhkan pilihan pada brandable domain, secara tidak langsung kita telah menciptakan suatu nama, simbol atau merek untuk blog kita. Nantinya, "brand" inilah yang akan mewakili nama blog kita sampai sukses. Amin ya Allah....

KESIMPULAN

Sebenarnya, banyak para ahli dan pakar SEO yang telah memperdebatkan permasalahan ini. Ada yang mengutarakan lebih baik memilih KOD dkk, ada juga yang lebih memprioritaskan Brandable Domain.

Menurut saya pribadi, teknik sejenis KOD itu tidak terlalu bagus.

Soalnya, kalau kita memang benar-benar menerapkan teknik SEO secara tepat dan benar, bisa saja blog kita akan lebih mudah mengalahkan blog papan atas di Google, Bing, Yahoo bahkan Yandex sekali pun. Good luck!

0 Response to "Pilih KOD, EMD & KRD atau "Brandable Domain" untuk Nama Domain Blog?"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.